Sabtu, 21 September 2024

Daftar 10 Smartphone Paling Populer di 2024, Didominasi Samsung dan iPhone

Robert Banjarnahor - Senin, 05 Agustus 2024 10:28 WIB
439 view
Daftar 10 Smartphone Paling Populer di 2024, Didominasi Samsung dan iPhone
Foto; Net
10 Smartphone paling populer di 2024
Jakarta (harianSIB.com)
Laporan dari Counterpoint Research menunjukkan dominasi Apple dan Samsung di pasar smartphone pada kuartal II-2024 (April-Juni). Dari 10 model smartphone terlaris, sembilan di antaranya adalah dari kedua merek tersebut.

Dilansir dari Kompas.com, Apple berhasil mempertahankan performanya dengan empat model iPhone di daftar terlaris, yaitu iPhone 15, iPhone 15 Pro Max, iPhone 15 Pro, dan iPhone 14. Namun, iPhone 14 mengalami penurunan peringkat, berada di posisi keenam, sementara tiga model lainnya menduduki posisi teratas.

Hal ini agak berbeda dengan periode yang sama tahun lalu. Pada kuartal II-2023, keempat model iPhone yang masuk dalam daftar smartphone terlaris, menempati empat peringkat teratas.

Baca Juga:

Menurut Counterpoint, volume penjualan dan pangsa pasar Apple untuk segmen smartphone terlaris kuartal ini, secara umum menurun dibanding kuartal yang sama tahun lalu (Year-on-Year/YoY).

Kendati begitu, volume penjualan dan pangsa iPhone model Pro dinilai meningkat. Sementara itu, volume penjualan iPhone generasi lama menurun. Kondisi tersebut menurut Counterpoint menunjukkan bahwa terjadi pergeseran permintaan ke smartphone high-end. Sayangnya firma riset itu tak merinci angka volume penjualan maupun pangsa yang dimaksud.

Baca Juga:

*Samsung paling banyak

Dibanding Apple, Samsung menyumbang paling banyak dalam daftar smartphone terlaris pada pertengahan 2024 ini. Totalnya, ada lima smartphone Samsung yang masuk dalam daftar.

Akan tetapi, jumlah itu agak berkurang dibanding periode yang sama tahun lalu. Pada kuartal yang berakhir bulan Juni, Samsung hanya menyumbang lima model saja terdiri dari Galaxy A15 5G, Galaxy A15 4G, Galaxy A55, Galaxy S24 Ultra dan Galaxy A05.


Editor
: Robert Banjarnahor
SHARE:
komentar
beritaTerbaru