Sabtu, 21 September 2024

Hati-Hati ! Malware Android Bisa Ambil Kode OTP dari SMS Anda

Robert Banjarnahor - Minggu, 04 Agustus 2024 11:14 WIB
305 view
Hati-Hati ! Malware Android Bisa Ambil Kode OTP dari SMS Anda
Foto: Gizchina
Ilustrasi malware Android

Untuk mendapatkan aplikasi itu, mereka harus memberikan nomer ponsel terlebih dahulu. Padahal aplikasi yang diunduh, adalah aplikasi berbahaya mengandung malware, yang disamarkan sebagai APK yang asli. Setelah perangkat dikuasi hacker, informasi sensitif akan dicuri. Salah satu yang berisiko dicuri adalah kode OTP, sebagaimana dijelaskan sebelumnya.

Setelah menguasai akses SMS, hacker bisa menggunakan OTP itu untuk login ke berbagai aplikasi. Bukan tidak mungkin, termasuk aplikasi perbankan, seperti Mobile Banking dan dompet digital.

Menurut Zimperium, dilansir dari Kompas.com, dalang di balik taktik pencurian akses SMS ini sering memperbarui strateginya agar tetap efektif. Zimperium menyebut bahwa pencurian akses SMS ini telah menargetkan pengguna Android di 113 negara. Beberapa negara yang menjadi target adalah India, Rusia, Brazil, Meksiko, Amerika Serikat, Ukraina, dan Spanyol.

Baca Juga:

Untuk melindungi diri, pengguna Android disarankan untuk selalu berhati-hati dalam mengunduh aplikasi. Sebaiknya, hanya mengunduh dari sumber resmi seperti Google Play Store atau situs web resmi pengembang. Selain itu, waspadai tawaran aplikasi yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, terutama dari sumber yang tidak dikenal.

Langkah-langkah ini penting untuk melindungi data pribadi dan mencegah akses tidak sah ke akun-akun penting. Tetap waspada dan selalu cek ulang setiap langkah yang diambil saat menginstal aplikasi baru di perangkat Anda.(*)

Baca Juga:
Editor
: Robert Banjarnahor
SHARE:
komentar
beritaTerbaru