Sabtu, 21 September 2024

Presiden Jokowi: MTQ Momentum Perkuat Moral dan Spiritual Bangsa

Redaksi - Senin, 09 September 2024 10:12 WIB
256 view
Presiden Jokowi: MTQ Momentum Perkuat Moral dan Spiritual Bangsa
(Foto: YouTube/Kemenag RI)
BUKA MTQ: Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka acara MTQ Nasional ke-30 tahun 2024 di Stadion Gelora Kadrie Oening Samarinda, Kalimantan Timur, Minggu (8/9) malam.

Samarinda (SIB)
Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional 2024 yang digelar di Kota Samarinda, Kalimantan Timur resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo, Minggu (8/9) malam di Stadion Gelora Kadrie Oening.


"MTQ ini tidak hanya menampilkan kemampuan dan keindahan membaca Al-Quran tetapi juga momentum untuk mengagungkan Al-Quran, membumikan ajaran-ajaran Al-Quran memperkuat moral dan spiritual bangsa dalam sendi-sendi kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara," kata Jokowi dalam sambutannya yang dilansir Koran SIB.

Baca Juga:


Menurutnya, MTQ menjadi sarana untuk mengedukasi diri mencintai Al-Qur'an, beragama secara humanis hingga hidup dalam kerukunan dan persatuan.

"Melalui MTQ ini kita mengedukasi di diri kita sendiri untuk mencintai Al-Quran, beragama secara humanis dan terbuka, menyempurnakan akhlak bangsa, hidup dalam kebersamaan, hidup dalam kerukunan, hidup dalam persatuan untuk membangun kemajuan bangsa dan negara kita," tuturnya.

Baca Juga:


Pada kesempatan itu, Jokowi menyampaikan bahwa banyak inovasi telah dilakukan pada MTQ kali ini salah satunya adalah penggunaan teknologi digital, sebagaimana laporan yang ia terima.


"Tadi sudah disampaikan oleh Menteri Agama dan oleh ketua LPTQ ada beberapa aplikasi yang digunakan ada E-MTQ, ada E-Maqra ada E-Scoring dan lain-lainnya. Dan saya sangat mengharapkan bukan hanya penyelenggaraan MTQ-nya yang lebih baik tetapi yang lebih penting lagi adalah bagaimana nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Quran seperti kejujuran, keadilan, perdamaian dan persatuan semakin kokoh dilaksanakan dalam kehidupan kita sehari-hari," katanya.

SHARE:
komentar
beritaTerbaru