Sabtu, 21 September 2024

PON XXI Aceh-Sumut, Ajang Tingkatkan Prestasi dan Potensi Wisata Danau Toba

Victor R Ambarita - Senin, 09 September 2024 07:00 WIB
187 view
PON XXI Aceh-Sumut, Ajang Tingkatkan Prestasi dan Potensi Wisata Danau Toba
Foto: Dok/BPODT
Salah satu cabang olahraga PON XXI Aceh Sumut 2024 yaitu Ski Air yang akan dilaksanakan di Venue F1 Powerboat Balige, Kabupaten Toba, 9-19 September 2024.
Jakarta (harianSIB.com)
Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 resmi dimulai sejak 30 Agustus dan akan berlangsung hingga 20 September 2024.

Uniknya, PON kali ini diselenggarakan di dua provinsi sekaligus, yaitu Aceh dan Sumatera Utara, yang membagi pelaksanaan 46 cabang olahraga dengan total 39 kontingen dari 38 provinsi, termasuk Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kesiapan kedua provinsi ini sebagai tuan rumah telah dimaksimalkan. Provinsi Aceh menyelenggarakan 28 cabang olahraga, sedangkan Sumatera Utara juga memegang peran penting dengan 28 cabang olahraga lainnya.

Baca Juga:

Selain itu, beberapa venue penting di Sumatera Utara tersebar di berbagai daerah, termasuk di kawasan strategis wisata Danau Toba.

Sumatera Utara tak hanya menjadi tuan rumah beberapa cabang olahraga utama, tetapi juga memanfaatkan keindahan Danau Toba sebagai lokasi kompetisi.

Baca Juga:

Beberapa cabang olahraga yang digelar di sekitar Danau Toba di antaranya:

- Ski Air di Venue F1 Power Boat Balige, Kabupaten Toba (9-19 September 2024).
- Renang Perairan Terbuka di Pantai Bebas Parapat, Kabupaten Simalungun (9-11 September 2024).
- Tinju di GOR Pematang Siantar, Kabupaten Simalungun (10-19 September 2024).
- Bola Voli Pasir di Pantai Situngkir, Kabupaten Samosir (10-19 September 2024).
- Balap Sepeda MTB di Tahura Bukit Barisan, Kabupaten Karo (5-9 September 2024).
- Catur di Hotel Sibayak Berastagi, Kabupaten Karo (10-19 September 2024).

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), Jimmy Bernando Panjaitan, menyambut baik penyelenggaraan PON XXI ini, terutama yang berlangsung di kawasan Danau Toba.

Menurutnya, event olahraga berskala nasional seperti ini merupakan momentum emas untuk meningkatkan kunjungan wisata sekaligus mendongkrak perekonomian masyarakat setempat.

"Event PON XXI di Aceh dan Sumatera Utara, khususnya di Danau Toba, sangat potensial untuk mendongkrak kunjungan wisata dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar," ujar Jimmy Bernando Panjaitan, dalam keterangannya, Minggu (08/09/2024).

Lebih lanjut, Jimmy mengajak seluruh peserta PON dan pengunjung yang hadir untuk tidak melewatkan kesempatan berwisata di Danau Toba.

"Sebagai salah satu dari Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Indonesia, Danau Toba menawarkan banyak keindahan alam dan budaya yang bisa dinikmati," urainya.

Jimmy menjelaskan, BPODT, di bawah naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, bertanggung jawab dalam pengembangan serta promosi kawasan wisata di delapan kabupaten yang melingkupi Danau Toba yakni Toba, Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Simalungun, Karo, Dairi, dan Pakpak Bharat.

Untuk para peserta PON XXI dan wisatawan, Ia merekomendasikan beberapa destinasi unggulan di sekitar Danau Toba.

"Beberapa spot wisata alam yang patut dikunjungi, antara lain, Kaldera di Sibisa, Panorama Tele, Gunung Pusuk Buhit, Sipiso Piso, Sibea-bea, Huta Ginjang, Taman Eden dan Tanjung Unta," jelasnya.

Selain itu, lanjut Jimmy, wisatawan dapat menikmati kegiatan seru seperti bermain kayak di Danau Toba, menjelajahi desa wisata, berkunjung ke geosite, hingga menikmati kehangatan sumber air panas alami.

"Jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Batak seperti arsik, mie gomak, dan susu kerbau, serta menyelami budaya Batak melalui seni tenun ulos di Lumban Suhi Suhi atau mengunjungi perkampungan Batak Siallagan," pungkasnya.(*)

Editor
: Bantors Sihombing
SHARE:
komentar
beritaTerbaru