Sabtu, 21 September 2024

Cuaca Hari Ini: BMKG Sebut Sebagian Besar RI Cerah Berawan

Robert Banjarnahor - Sabtu, 17 Agustus 2024 09:55 WIB
243 view
Cuaca Hari Ini: BMKG Sebut Sebagian Besar RI Cerah Berawan
istimewa
Ilustrasi cuaca kota Jakarta cerah berawan.
Jakarta (harianSIB.com)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa cuaca di moment perayaan HUT ke 79 Republik Indonesia, pada hari Sabtu, 17 Agustus 2024 secara umum akan cerah hingga berawan, terutama karena sebagian besar wilayah Indonesia, seperti Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara, masih berada pada puncak musim kemarau.

Hanya saja, beberapa wilayah berpotensi mengalami hujan karena adanya sirkulasi siklonik yang terpantau di wilayah Selat Makassar. Sirkulasi ini membentuk daerah belokan angin yang dapat memengaruhi cuaca di Selat Makassar, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

Baca Juga:

Prakirawan Cuaca BMKG Nurul Iza Fitria di kanal YouTube resmi BMKG, Sabtu (17/8/2024), dilansir dari Antara juga menyampaikan, adanya daerah konvergensi yang diprediksi memanjang dari Kepulauan Nias hingga Perairan Barat Aceh, kemudian dari Kalimantan Barat hingga Laut Natuna, dari Laut Maluku hingga Sulawesi Utara, dari Laut Seram hingga Laut Halmahera, dari Perairan Utara Papua hingga Papua Barat.

Kemudian, lanjutnya, adanya daerah konfluensi atau pertumbuhan angin yang diprediksi berada di wilayah perairan barat Lampung, kemudian di Laut Natuna utara, di Sulawesi Tenggara, kemudian di Sulawesi Utara, dan juga di Maluku Utara.

Baca Juga:

Menurut Nurul, kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi maupun konfluensi tersebut.

Adapun untuk prediksi cuaca di kota-kota besar wilayah Indonesia, di Sumatera untuk kota Banda Aceh, Pekanbaru, Padang, dan Tanjung Pinang, diprediksi terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan, sementara itu Kota Medan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang.

Sementara itu di Jambi, Bengkulu, dan Palembang, cuaca umumnya berawan tebal, sementara di Lampung terdapat potensi asap ataupun kabut. Kemudian di Pangkal Pinang terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan.

Di Pulau Jawa, secara umum kota-kota besar berawan, seperti Serang, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Semarang. Sementara di Jakarta cuaca akan berawan tebal. Di Pulau Bali dan Nusa Tenggara, cuaca di Kota Mataram dan Denpasar umumnya berawan, kemudian di kota Kupang diprediksi cerah berawan.

Di Pulau Kalimantan, untuk kota Banjarmasin cuaca berawan, sementara itu di Pontianak, Palangka Raya, Tanjung Selor, dan Samarinda terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan.

Untuk Pulau Sulawesi, kota Kendari dan Makassar cuaca umum berawan, sementara di Palu terdapat udara kabur, dan Gorontalo dan Manado cuaca diprediksi hujan dengan intensitas ringan. Di Mamuju ada potensi terjadi hujan dengan intensitas sedang.

Di wilayah Indonesia bagian timur, kata dia, untuk kota Manokwari, Jayapura, Jayawijaya, Merauke, dan Ambon terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan, sementara di kota Ternate dan Sorong berpotensi hujan dengan intensitas sedang. Diingatkan pula untuk waspada potensi hujan lebat di Nabire.(*)

Editor
: Robert Banjarnahor
SHARE:
komentar
beritaTerbaru