Sabtu, 21 September 2024

Istana Garuda Nama Resmi Kantor Presiden di IKN

Wilfred Manullang - Senin, 29 Juli 2024 15:19 WIB
364 view
Istana Garuda Nama Resmi Kantor Presiden di IKN
(OIKN)
Lapangan Upacara dengan latar Istana Negara dan Kantor Presiden di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), Ibu Kota Nusantara (IKN).
Samarinda (harianSIB.com)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan nama resmi untuk gedung-gedung di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Gedung kantor presiden di IKN akan dinamakan Istana Garuda, sementara Kompleks Istana Kepresidenan akan dikenal sebagai Istana Negara.


Menurut Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono, Istana Garuda akan menjadi lokasi baru untuk Presiden berkantor, sedangkan Istana Negara akan berfungsi sebagai kediaman resmi Presiden.


"Beliau (Jokowi) menyampaikan ini Istana Garuda bukan kantor presiden lagi tapi Istana Garuda, yang di bawah Istana Negara," kata Basuki Hadimuljono, kepada wartawan, di Kawasan Istana IKN Nusantara, Senin (29/7/2024).

Baca Juga:

"Nama ini sudah official, ini Istana Garuda dan di sana ada Istana Negara. Istana Garuda dan Istana Negara," lanjut Menteri PUPR dikutip dari Detikcom.

Istana Negara IKN, berupa bangunan megah yang menjadi kediaman resmi Presiden Indonesia. Terletak di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Baca Juga:

Sedangkan, Istana Garuda berada tepat di belakang Istana Negara pada dataran lahan yang lebih tinggi. Bangunan tersebut menjadi tempat untuk Presiden berkantor.


Jokowi memulai hari pertamanya berkantor di IKN dengan dua agenda utama: rapat dengan Otorita IKN dan pertemuan dengan Forkopimda Kalimantan Timur. Ini menandai langkah awal yang signifikan dalam pemindahan pusat pemerintahan ke IKN Nusantara.(*)

Editor
: Wilfred Manullang
SHARE:
komentar
beritaTerbaru