Minggu, 08 September 2024

Virus Oropouche di Brasil Sebabkan Kematian, Gejalanya Mirip Deman Berdarah

Robert Banjarnahor - Sabtu, 27 Juli 2024 17:29 WIB
228 view
Virus Oropouche di Brasil Sebabkan Kematian, Gejalanya Mirip Deman Berdarah
(Shutterstock/nechaevkon)
llustrasi nyamuk.
Jakarta (harianSIB.com)
Kementerian Kesehatan Brasil melaporkan kematian pertama di dunia akibat virus Oropouche. Virus ini disebarkan oleh lalat dan nyamuk yang terinfeksi dan dapat menyebabkan penyakit yang mirip dengan demam berdarah.

Korban terjadi pada dua wanita di negara bagian Bahia di timur laut Brasil. Selanjutnya, oleh pemerintah setempat dilakukan langkah-langkah pencegahan dan pengendalian nyamuk serta edukasi terhadap masyarakat, untuk mencegah penyebaran lebih lanjut.

Kementerian Kesehatan Brasil dalam pernyataannya dilaporkan Alarabiya News, yang dilansir dari CNN Indonesia menjelaskan, para wanita tersebut berusia di bawah 30 tahun, tanpa penyakit penyerta. Gejalanya mirip dengan kasus demam berdarah parah.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menyatakan saat ini terdapat wabah Oropouche yang diketahui di beberapa bagian Bolivia, Brasil, Kolombia, Kuba, dan Peru.

Baca Juga:

Kementerian Kesehatan Brasil mengatakan ada 7.236 kasus infeksi Oropouche yang tercatat pada 2024, dengan mayoritas dilaporkan di negara bagian Amazonas dan Rondonia.

Gejala infeksi virus Oropouche, menurut CDC, biasanya mulai muncul empat hingga delapan hari setelah digigit. Biasanya berlangsung selama tiga hingga enam hari, dengan gejala yang mirip demam berdarah seperti, demam, nyeri otot, persendian kaku, sakit kepala, muntah, mual, menggigil dan peka terhadap cahaya. (*)

Baca Juga:
Editor
: Robert Banjarnahor
SHARE:
komentar
beritaTerbaru