Minggu, 08 September 2024

Sore Ini Jokowi Lantik 3 Wakil Menteri

Wilfred Manullang - Kamis, 18 Juli 2024 12:17 WIB
300 view
Sore Ini Jokowi Lantik 3 Wakil Menteri
(ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY)
Presiden Joko Widodo membacakan sumpah saat upacara pelantikan menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan periode 2019-2024 di Istana Negara, Rabu (15/6/2022). Ilustrasi
Jakarta (harianSIB.com)
Presiden Joko Widodo akan melantik tiga wakil menteri di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/7/2024). Ketiga posisi yang akan dilantik Jokowi adalah Wakil Menteri Keuangan (penambahan), Wakil Menteri Investasi (pengangkatan), dan Wakil Menteri Pertanian (pergantian).

"Mengenai siapa nama-nama yang akan dilantik, nanti tunggu jam 15.00 WIB ya," ujar Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana kepada wartawan.

Menurut informasi yang diperoleh CNBC Indonesia, posisi wamenkeu akan diisi oleh Anggota Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran, Thomas Djiwandono. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pun sudah buka suara soal kemungkinan Thomas menjadi Wakil Menteri Keuangan II. Thomas diketahui merupakan keponakan dari Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Baca Juga:

Saat ditanya soal kemungkinan Thomas yang akan dilantik hari ini oleh Jokowi, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu Deni Surjantoro mengatakan, pihaknya akan mengadakan konferensi pers terkait pertanyaan tersebut.

Sudaryono juga disebut-sebut akan dilantik sebagai wakil menteri. Pergantian pejabat ini terjadi di tengah masa transisi kepemimpinan Presiden terpilih Prabowo Subianto

Baca Juga:

Kabar pelantikan Thomas dan Sudaryono oleh Jokowi diungkapkan oleh dua politisi Koalisi Indonesia Maju dan seorang pejabat yang dekat dengan Istana Kepresidenan.

Narasumber menyebut Menteri Sekretaris Negara Pratikno sudah meminta Sudaryono dan Thomas untuk bersiap pada Kamis, 18 Juli 2024. Namun Presiden Jokowi baru pulang kunjungan Kerja dari Uni Emirat Arab dini hari tadi.

Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad membenarkan bahwa Sudaryono masuk bursa Wakil Menteri Pertanian dan Thomas menjadi Wakil Menteri Keuangan. "Benar mereka masuk bursa Wamen. (Dilantik dalam waktu dekat) Mudah-mudahan benar. Senang dengarnya kalau benar," kata Dasco.

Thomas Djiwandono merupakan Bendahara Umum Partai Gerindra sejak 2014. Tommy mengisi Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang dipimpin Sufmi Dasco Ahmad menjelang pergantian Pemerintah Jokowi.

Tommy diperkenalkan sebagai anggota gugus tugas yang membidangi ekonomi dan keuangan. Tommy merupakan keponakan dari Prabowo Subianto. (*)

Editor
: Wilfred Manullang
SHARE:
komentar
beritaTerbaru