Minggu, 08 September 2024

Kereta Otonom Tanpa rel Siap Mengaspal di IKN, Beroperasi Agustus

Robert Banjarnahor - Kamis, 18 Juli 2024 12:11 WIB
253 view
Kereta Otonom Tanpa rel Siap Mengaspal di IKN, Beroperasi Agustus
People's Daily
Ilustrasi - Autonomous Rail Rapid Transit (ART) adalah kendaraan listrik kecil persilangan antara bus, kereta api, dan trem.
Jakarta (harianSIB.com)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengumumkan bahwa rangkaian autonomous rail transit (ART) atau kereta otonom tanpa rel akan tiba di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada akhir Juli 2024.

"Diharapkan moda transportasi massal ini dapat beroperasi pada Agustus 2024 ," kata Budi Karya di IKN pada Jumat, 12 Juli 2024 lalu, dilansir dari Kompas.co.

Kereta otonom yang dikirim dari Cina pada awal Juli 2024 ini, terdiri dari satu trainset dengan tiga kereta dan akan dirakit serta diuji coba setibanya di IKN.

Baca Juga:

Kereta otonom ini, jelas Budi Karya, menggunakan baterai dan dioperasikan dengan panduan sensor yang membaca marka jalan, sehingga dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dan penggunaan energi fosil. Kementerian PUPR akan membangun halte yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat menaik-turunkan penumpang, tetapi juga sebagai tempat pengisian daya.

Setelah perakitan dan uji coba internal, akan dilakukan persiapan untuk uji coba bersama dan pelaksanaan proof of concept (POC) pada Agustus. Showcase atau unjuk kerja dijadwalkan antara Oktober hingga Desember 2024. Menhub Budi Karya berharap proyek ini dapat menginspirasi kota-kota lain di Indonesia untuk mengembangkan transportasi cerdas. (*)

Baca Juga:
Editor
: Robert Banjarnahor
SHARE:
komentar
beritaTerbaru