Sabtu, 21 September 2024

Pasca Mundur Dari Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono Buka Suara

Rido Sitompul - Rabu, 05 Juni 2024 11:37 WIB
321 view
Pasca Mundur Dari Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono Buka Suara
(Foto Dok/ ist)
Bambang Susantono.
Jakarta (SIB News Network | SNN)
Pasca menyatakan mundur dari Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Bambang Susantono buka suara. Meski sudah tidak berada dalam organisasi, ia menyebut akan tetap menyumbangkan tenaga, pemikiran dan keahliannya demi terwujudnya IKN.

"Meski saya tidak lagi berada dalam organisasi Otorita IKN, saya akan terus menyumbangkan tenaga, pemikiran dan keahlian kami demi terwujudnya IKN yang hijau (green), cerdas (smart), tangguh (resilient), inklusif dan berkelanjutan (sustainable)," ucap Bambang dalam unggahan di Instagram @bambangsusantono, seperti dikutip dari kompas, Rabu (5/6/2024).

Bambang mengucapkan selamat bertugas kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang ditunjuk sebagai Plt Kepala OIKN dan Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni sebagai Plt Wakil Kepala OIKN.

Baca Juga:

Menurutnya, pembangunan IKN yang memiliki konsep Negara Rimba Nusa (sustainable forest city) tidak hanya menjadi harapan Indonesia, melainkan juga harapan dunia untuk model kota masa depan. Untuk itu, pembangunan IKN disebut perlu terus didukung.

"Karenanya konsistensi terhadap rencana tata ruang dan prinsip-prinsip ESG (environment, sosial and governance) akan terus dipantau oleh masyarakat Indonesia dan warga global," terangnya.

Baca Juga:

Bambang membeberkan tiga platform penting bagi IKN yaitu peta jalan perubahan iklim (locally determined contribution for climate change), rencana pembangunan keanekaragaman hayati (biodiversity positive plan), serta peta jalan untuk sustainable development goals.

"SDG harus menjadi panglima dalam pelaksanaan pembangunan di lapangan," tutur Bambang. (*)

Editor
: Rido Sitompul
SHARE:
komentar
beritaTerbaru