Jumat, 13 Des 2019
  • Home
  • Teknologi
  • Teknologi Baru 'Airbag' di Luar Mobil, Serap Tabrak Samping

Teknologi Baru 'Airbag' di Luar Mobil, Serap Tabrak Samping

admin Kamis, 20 Juni 2019 17:19 WIB
Pengetesan teknologi baru, sistem airbag ekterior mobil
Lelucon Volvo pada April Mop 2013 tentang airbag di eksterior mobil nampaknya bakal jadi produk serius pada masa depan. Produsen komponen ZF Friedrichshafen AG telah mendemonstrasikan pengujian tahap awal airbag eksterior sebagai cikal bakal diterapkannya komponen itu di mobil produksi massal.

Dari materi presentasi ZF untuk media, sistem airbag itu diketahui dipasang pada station wagon Opel Insignia. Saat Insignia melaju, mobil lain yang berupa tiruan seolah menabrak dari arah samping.

Sesaat sebelum tumbukan terjadi, airbag yang membentang di bagian bawah antara pilar A dan C itu menggembung buat melindungi area samping mobil. Menurut ZF airbag itu bisa menggembung dalam 150 milidetik.

Bisa terlihat pada eksterior Insignia terdapat berbagai kamera, sensor, radar dan lidar untuk mengidentifikasi potensi tumbukan.
Penjelasan sederhana soal fungsi pengembangan airbag eksterior yakni agar menyerap sebagian energi tumbukkan samping buat mengurangi dampak kecelakaan.

ZF belum menjelaskan estimasi waktu produk airbag eksterior ini bisa digunakan di mobil produksi. Dipahami dari banyaknya perangkat dukungan agar sistem berjalan, kemungkinan teknologi seperti ini cocok untuk kendaraan otonomos.

Airbag merupakan perangkat bagian keselamatan berkendara yang penting pada mobil. Meski begitu perlu dipahami komponen ini merupakan suplemen, bukan produk utama yang sanggup menjamin 'semua aman'. Pada umumnya airbag adalah pendukung produk keselamatan utama, yaitu sabuk pengaman. (CNNI/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments