Rabu, 23 Okt 2019

Mengenang Steve Jobs lewat 10 Produk Rancangannya

admin Kamis, 10 Oktober 2019 21:08 WIB
Steve Jobs
Delapan tahun sudah Apple ditinggal sang pendiri, Steve Jobs. Jobs meninggal dunia pada 5 Oktober 2011 pada usia 56 tahun akibat kanker pankreas yang cukup lama dideritanya.

Di tangan Jobs, Apple menjelma menjadi perusahaan raksasa yang tak bisa dipandang sebelah mata. Semasa hidupnya, pada saat menjabat sebagai karyawan dan CEO Apple, Jobs tercatat ikut berjasa menelurkan beberapa produk Apple, baik yang sukses maupun yang gagal di pasaran.

Berikut ini sepuluh produk yang dibidani oleh Steve Jobs:

1. Apple I (1976)
Komputer yang ditujukan untuk para pehobi dan engineer ini merupakan produk pertama Apple, tetapi hanya diproduksi sangat terbatas. Produk ini dirancang oleh Steve Wozniak, dan Jobs bertugas mencari pendanaan sekaligus mengatur pemasarannya.

2. Apple II (1977)
Ini merupakan salah satu produk komputer personal pertama yang sukses. Apple II dirancang untuk diproduksi secara massal, tidak hanya ditujukan untuk engineer atau pehobi (enthusiast).

Gaya desain Steve Wozniak masih kental untuk produk ini. Apple II terus diproduksi hingga tahun 1993, dan kemampuannya terus ditingkatkan.

3. Lisa (1983)
Kunjungan ke pusat riset Xerox Corp di Palo Alto menginspirasi Job untuk memulai proyek komputer komersial pertama dengan user interface grafis, yang menggunakan simbol ikon, window, dan kursor yang dikendalikan oleh mouse.

Inilah yang menjadi dasar dari interface atau antarmuka komputer saat ini. Akan tetapi, Lisa masih terlalu mahal untuk sukses di pasaran.

4. Macintosh (1984)
Macintosh memiliki antarmuka yang sama dengan Lisa. Namun, Macintosh lebih murah dan cepat serta didukung promosi penjualan yang sangat gencar.

Atas kemunculan Macintosh, pengguna pun tersadar akan mudahnya penggunaan komputer dengan adanya antarmuka grafis.
Inilah yang mengawali era desktop publishing, yaitu dengan memadupadankan mesin Mac dan printer laser.

5. NeXT Computer (1988)
Setelah sempat "ditendang" dari Apple, Jobs mendirikan sebuah perusahaan yang memproduksi komputer workstation berkekuatan hebat.

Perusahaan ini gagal menjualnya dalam jumlah besar, tetapi NeXT selalu dikenang karena merupakan komputer pertama di dunia yang memiliki web browser.

Perangkat lunaknya menjadi basis web browser yang ada di sistem operasi Macintosh dan iPhone hingga saat ini.

6. iMac (1998)
Saat Jobs kembali pada tahun 1996, Apple sedang "tenggelam" seiring dengan menurunnya pangsa pasar PC. Desain radikal iMac menjadi langkah pertama yang mengangkat Apple dari keterpurukan.

Perangkat ini didesain sedemikian rupa mirip sebuah gelembung (bubble) dengan bahan plastik berwarna biru yang di dalamnya terdapat monitor dan komputer dalam satu kesatuan.

iMac sangat mudah digunakan dan menyadarkan orang betapa bergunanya teknologi internet. Tak hanya itu, iMac membuat banyak orang menginginkannya sebagai komputer rumah pertama mereka.

7. iPod (2001)
Perangkat ini bukan pemutar musik digital pertama yang dilengkapi hard drive, tetapi merupakan yang pertama untuk ukuran tersukses.

Ekspansi Apple ke ranah perangkat elektronik portabel membawa pengaruh yang sangat luas. Kesuksesan iPod membuka jalan untuk mempersiapkan music store iTunes dan iPhone.

8. iTunes Store (2003)
Sebelum iTunes Store ada, membeli musik digital merupakan hal yang sangat menjengkelkan. Orang lebih memilih melakukan pembajakan karena lebih mudah.

Toko musik digital Apple hadir dengan membawa segala kemudahan dan koleksi album musik dari berbagai label. Pada tahun 2008, iTunes menjadi peritel musik terbesar di Amerika Serikat.

9. iPhone (2007)
Smartphone milik Apple ini menghadirkan pengalaman yang sama dengan apa yang ada di Macintosh untuk personal computing dengan kelebihan, yaitu sebuah smartphone yang sangat mudah digunakan.

Saat ini, Apple telah menjelma menjadi vendor paling untung di seluruh dunia sebagai vendor smartphone. Tak hanya itu, iPhone menjadi patokan/dasar dari semua smartphone yang ada saat ini.

10. iPad (2010)
Sebelum iPad hadir, banyak perusahaan, termasuk Apple, telah membuat komputer tablet, tetapi tak satu pun yang sukses.
Akhirnya, iPad yang menjadi pendobrak dan mengubah perspektif sebuah komputer tablet serta menambah sebuah kategori baru dalam penggunaan komputer. (Kps/t)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments