Sabtu, 08 Agu 2020
  • Home
  • Teknologi
  • Mac G4 Cube, Komputer Kubus Besutan Steve Jobs 20 Tahun Lalu

Mac G4 Cube, Komputer Kubus Besutan Steve Jobs 20 Tahun Lalu

redaksisib Kamis, 30 Juli 2020 12:20 WIB
Christo via Wikimedia Commons

Power Mac G4 Cube sempat dibanggakan mendiang CEO Apple Steve Jobs, namun usianya tidak sempat genap satu tahun.

Pada 19 Juli 2000, perusahaan raksasa teknologi asal Amerika Serikat, Apple Inc, merayakan kelahiran komputer yang dianggap mendiang CEO Apple Steve Jobs paling keren saat itu, Power Mac G4 Cube.

Power Mac G4 Cube merupakan komputer berbentuk kotak dengan bahan aklirik transparan yang membuatnya sangat berbeda dibandingkan komputer lain pada zamannya.

Power Mac G4 Cube diperkenalkan pertama kali pada acara Macworld Expo 2000 oleh Jobs di Cupertino, California, AS.
Kepada jurnalis Wired, Steven Levey, Jobs sempat menunjukkan bagaimana tampilan Power Mac G4 Cube yang tidak memiliki saklar daya tetapi bisa merasakan gelombang tangan seseorang untuk dihidupkan.

Lalu Jobs juga menunjukkan kepada Levey kecanggihan lain dari perangkat terbarunya yaitu bagaimana Apple telah menghilangkan baki yang berisi CD dan diganti dengan sebuah cube (kubus).

"Semua ini dirumuskan secara khusus dan semuanya milik kami, hanya kami. Kami hanya butuh enam bulan hanya untuk merumuskan perangkat ini," kata Jobs kala itu kepada Levey.

"Bagaimana menurut Anda? Tidak ada yang pernah membuat hal seperti! Saya pikir ini menakjubkan!" tambahnya.

Namun Power Mac G4 Cube dianggap banyak kalangan tidak memiliki sistem yang mumpuni, misalnya tidak ada fitur daya dari Power Mac high-end dan slot memori yang besar.

Kemudian, Levey bertanya siapa yang akan membeli perangkat ini sebab harga yang dipatok Apple mahal, harganya hampir tiga kali lipat dari harga iMac bahkan PowerMacs.

Jobs menjawab dengan sangat lugas bahwa Power Mac G4 Cube bakal laris di pasaran.

"Kami menyadari ada peluang luar biasa untuk membuat perangkat komputer yang berbeda di pasaran, yang bisa menjadi sebuah terobosan," jawab Jobs.

Namun kenyataannya, Power Mac G4 Cube tidak terjual jutaan unit seperti yang dibayangkan Jobs, hanya 150 ribu unit saja yang terjual.

Meski sempat dibanggakan Jobs, Power Mac G4 Cube tak sempat genap berusia satu tahun. Pada 3 Juli, Apple menyatakan produksinya dihentikan karena konsumen ternyata lebih menggemari Power Mac G4.

"Apple hari ini mengumumkan bahwa mereka akan menunda produksi Power Mac G4 Cube hingga batas waktu yang belum ditentukan," kata Apple.

"Perusahaan mengatakan kemungkinan kecil akan memperkenalkan kembali model komputer unik yang bakal ditingkatkan di masa depan," sambung Apple. (CNNI/f)
T#gs Komputer KubusMac G4 CubeSteve Jobsteknologi
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments