Minggu, 21 Apr 2019

Tetap Optimistis di Tahun 2019

admin Senin, 31 Desember 2018 09:36 WIB
Ada banyak prediksi ketika akan memasuki tahun 2019. Tergantung dari sudut mana menganalisisnya. Sebagian merasa pesimistis, dan ada yang tetap optimistis. Apa yang diyakini akan memengaruhi langkah-langkahnya di tahun yang baru.

Harus diakui, pada 2018 banyak hal yang terjadi di Indonesia. Dari sisi alam, agak berguncang dengan terjadinya berbagai jenis bencana. Mulai dari longsor, banjir, gempa, hingga tsunami. Apalagi di 2019 diprediksi bencana masih mengintai dari berbagai hal.

Ekonomi global mengalami naik turun. Apalagi perang dagang Amerika Serikat dengan China berdampak ke seluruh dunia,  termasuk Indonesia. Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS sempat mengkhawatirkan. Namun semua masih bisa terkendali.

Patut disyukuri, meski secara global ada kecenderungan resesi, Indonesia masih bisa bertahan. Sudah empat tahun terakhir tak terlihat lagi antrean memerebutkan kebutuhan pokok. Harga bisa stabil dengan persediaan yang cukup.

Pembangunan infrastruktur dilakukan secara massa dan massif. Jalan tol bertambah secara drastis sehingga akses ke berbagai daerah dan sentra makin terbuka. Bandara dan pelabuhan baru dibuka dan yang lama ditingkatkan.

Tahun depan adalah masa yang krusial dalam menentukan pemimpin bangsa. Pada April 2019, akan digelar Pemilu, yang untuk pertama kali akan menggabungkan pemilihan legislatif dengan presiden. Tentu saja bakal rumit sebab berbeda dengan sebelumnya.

Seperti biasa, dalam tahun politik, "suhu" bakal memanas. Tahun 2018 ini saja sudah dimulai dengan isu yang saling berganti. Hoaks diproduksi begitu banyak sehingga menguras energi bangsa ini. Apakah itu membuat khawatir?

Lalu, apakah akan tetap pesimistis dengan berbagai tantangan di tahun 2018? Jika bersikap demikian, maka sebelum melangkah saja sudah kalah. Meski ada kesempatan bangkit, akan disikapi dengan negatif.

Kita sebagai bangsa yang percaya Tuhan, tak boleh menyerah dengan tantangan. Sejarah sudah membuktikan, Indonesia dibangun dengan semangat juang dengan modal apa adanya. Apalagi saat ini sudah banyak hal mengalami kemajuan, mari bersatu dan tetap optimistis menapaki tahun 2019. (**)
Editor: admin

T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments