Senin, 21 Okt 2019

Selamat Jalan Pak Sutopo

admin Senin, 08 Juli 2019 10:50 WIB
Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho telah kembali ke Maha Pencipta. Semasa hidupnya, pernah masuk dalam daftar "Asians of the Year 2018" oleh The Straits Times. Dia diketahui berpulang dalam usia 49 tahun di Guangzhou, Tiongkok, saat menjalani perawatan kanker paru-paru yang dideritanya.

Kabar wafatnya Sutopo membuat Indonesia berduka. Ucapan belasungkawa dan doa yang mengalir baginya langsung menjadi topik tren di Twitter dalam beragam tagar. Fakta tersebut menunjukkan betapa ia amat dicintai warga sepanjang hidupnya.

Sutopo merupakan sosok yang telah membesarkan nama BNPB sejak dilahirkan pada 2008 silam. BNPB banyak menorehkan prestasi. Satu di antaranya adalah penghargaan dari PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) dalam bidang inovasi kebencanaan.

Semua berawal dari dedikasi tinggi yang ditunjukkan Sutopo. Ia memanfaatkan berbagai saluran informasi untuk dengan cepat mengabarkan data terbaru terkait bencana alam yang terjadi di berbagai wilayah Indonesia. Tak peduli kapan terjadinya bencana tersebut, informasi disajikannya dengan cepat tepat dalam berbagai saluran.

Sutopo menjadi rujukan soal bencana yang paling dipercaya. Kesupelannya membuat ia menjadi kesayangan media. Beragam penghargaan humas terbaik sempat diraihnya dari berbagai lembaga, baik dalam maupun luar negeri.

Padahal dirinya bukanlah berlatar belakang humas atau public relation (PR). Gayanya yang komunikatif memikat banyak orang. Bukan hanya media yang akrab dengannya. Banyak masyarakat umum mengikuti akun medis sosialnya.

Saat Sutopo divonis kanker, meski sempat terpukul, dia tetap bekerja. Ia menjadi inspirasi bagi para penderita kanker. Kisah hidupnya banyak dituliskan media, termasuk harian besar Amerika Serikat, The New York Times.

Kini Sutopo sudah beristirahat dalam damai. Diharapkan keteladanannya dalam bekerja menjadi inspirasi bagi banyak orang, terutama beraktivitas seputar hubungan masyarakat. Kecerdasannya dalam mengelola media dan kesupelannya memberi informasi akan menjadi legenda bagi pewarisnya.

Diharapkan penerus Sutopo bisa bersikap yang sama dalam melayani masyarakat di era keterbukaan informasi. Apalagi tentang kebencanaan, sangat dibutuhkan banyak orang. Selamat jalan Pak Sutopo! (**)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments