Kamis, 14 Nov 2019

Selamat Jalan Pak Cosmas

admin Jumat, 09 Agustus 2019 11:48 WIB
Cosmas Batubara, salah satu tokoh nasional asal Sumatera Utara telah kembali ke Sang Pencipta. Dia lahir di Kabupaten Simalungun, delapan puluh tahun lalu. Jejaknya jelas dalam panggung politik Indonesia.

Namanya mulai dikenal saat Orde Baru dimulai, dengan jatuhnya kekuasaan Soekarno. Cosmas merupakan Ketua Presidium Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) dan Ketua Presidium KAMI Pusat. Dia juga pelopor Gerakan Mahasiswa Angkatan 66 yang disegani.

Dalam perjalanan waktu, Cosmas dikenal sebagai politisi Golkar. Meski bukan tokoh dari mayoritas, kariernya melejit. Presiden Soeharto memercayakannya jabatan strategis dalam bidang ekonomi. Saat itu memang Indonesia sedang giatnya membangun perumahan bagi rakyat.

Pada tahun 1978 hingga 1983, Cosmas ditunjuk Presiden Soeharto sebagai Menteri Muda Urusan Perumahan Rakyat. Kemudian berlanjut menjadi Menteri Perumahan Rakyat pada 1983 hingga 1988. Meski bukan arsitek, jabatan mengurusi rumah diembannya sebagai amanah dari negara.

Sejarah mencatat, Cosmas sebagai penggagas penyediaan rumah murah. Dirinya yang pertama kali menggandeng Bank Tabungan Negara (BTN) dalam pembangunan perumahan. Hingga kini masih menjadi bisnis utama BTN dengan menyediakan KPR (kredit pemilikan rumah).

Cosmas pernah memerjuangkan rumah murah bagi wartawan. Perhatian tersebut karena membaca berita wartawan yang saat itu berpos di Departemen Pekerjaan Umum dan Departemen Perumahan Rakyat. Dia memang dikenal ramah dan humoris.

Pendiri Harian SIB DR GM Panggabean semasa hidupnya berteman baik dengan Cosmas Batubara. Dalam beberapa kali kunjungan ke Medan, selalu menyempatkan diri bertemu Pak GM. Hubungan itu berlanjut meski Cosmas tak menjabat lagi sebagai menteri.
Cosmas telah membuktikan dirinya sebagai tokoh nasional. Meski dari daerah, tetap bisa berkarya dan diakui secara nasional. Namanya terukir indah dalam lembaran sejarah Indonesia.

Kini dia telah mengakhiri tugasnya dengan baik. Kisah hidupnya yang tak pernah menyerah dan terus berkarya hingga akhir, patut menjadi teladan generasi muda. Selamat jalan Pak Cosmas! (**)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments