Kamis, 18 Jul 2019

Sekolah Terbaik Bagi Anak

admin Minggu, 05 Mei 2019 10:11 WIB
Bulan-bulan ini bagi sebagian orang besar orangtua adalah mencari sekolah terbaik bagi anaknya. Ada banyak pertimbangan berdasarkan informasi yang diterima. Fokus masih mengejar sekolah-sekolah yang dianggap favorit.

Walau sebenarnya definisi favorit masih diperdebatkan. Ada menilai masih dari fasilitas dan nama besar sekolah tersebut. Sebagian menjadikan rekam jejak lulusannya melanjut ke mana menjadi dasar dalam pengambilan keputusan.

Itu sebabnya sekolah yang dilabeli favorit selalu melimpah peminat. Mereka membuat jadwal penerimaan sendiri, tak sama dengan kebiasaan umum. Sebagian besar sudah melakukannya sebelum ujian nasional.

Biaya pendaftaran dan uang sekolahnya pasti beda dari sekolah yang biasanya. Meski mahal, orangtua tak keberatan. Sebab masuk sekolah favorit sebenarnya bukan hanya untuk anaknya, melainkan menjadi kebanggaan tersendiri bagi orangtua.

Itu sebabnya ada saja anak sebenarnya tak begitu berminat ke sekolah tertentu, namun terpaksa atas desakan orangtua. Sebab prestise menjadi motif utama. Padahal minat, bakat dan kemampuan anak harusnya menjadi pertimbangan utama.

Tak heran, ada anak yang stres ketika masuk sekolah favorit. Sebagian tak mampu beradaptasi sebab sekolah favorit tempat berhimpun siswa-siswa yang cerdas. Akibatnya anak yang menjadi korban dan secara psikis mengalami gangguan.

Orangtua diharapkan tetap mempertimbangkan pendapat anak dalam memilih sekolah. Benar, dan sudah seharusnya, anak-anak mendapatkan sekolah yang terbaik. Namun terbaik bukan berarti nomor satu dari yang lain, melainkan yang tepat dan sesuai dengan bakat, minat serta kemampuan anak.

Penggolongan sekolah favorit tampaknya masih sulit dikikis dari penilaian masyarakat. Sekolah yang belum dianggap jangan minder dan rendah diri. Sebaiknya menjadi cambuk untuk memacu prestasi, termasuk sekolah swasta.

Prestasi dimulai dari disiplin, baik guru dan siswa. Fasilitas memang penting, namun bukan segala-galanya. Diharapkan ke depan, kualitas sekolah makin merata, dari kota hingga ke desa. (**)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments