Jumat, 18 Okt 2019

Presiden Bagi Semua Rakyat Indonesia

admin Jumat, 28 Juni 2019 10:04 WIB
Mahkamah Konstitusi (MK) telah mengambil putusan atas Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Presiden dan Wakil Presiden. Dengan suara bulat Majelis Hakim telah menolak gugatan pemohon tim kuasa hukum pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno. Tak ada lagi upaya hukum lain untuk menggugatnya. Sebab apa yang MK putuskan bersifat final dan mengikat.

Bisa saja ada yang masih tak menerima putusan tersebut. Tentu tak mungkin menyenangkan semua pihak. Hakim tentu mengambil putusan berdasarkan fakta-fakta persidangan dan bukan atas dasar subjektivitas.

Para hakim mempertaruhkan integritasnya jika putusannya diambil serampangan. Apalagi sejak awal sudah diterapkan asas transparansi. Sidang dilakukan terbuka dan disiarkan secara langsung, sehingga semua rakyat melihat apa yang terjadi di sana.
Kita harus percaya putusan Majelis Hakim MK sudah tepat dan semua pihak harus menerima. Diharapkan jangan ada lagi aksi massa memprotesnya. Sebab jika itu masih ada yang menolak putusan MK, sama artinya dengan tidak percaya dengan sistem hukum di Indonesia.

Dalam UU, hakim dibolehkan berbeda pendapat dengan yang lainnya. Walau pada akhirnya, sikap mayoritas hakim yang akan menjadi putusan. Perbedaan itu dicatat dan menjadi bagian dari apa yang diputuskan MK.

Memang dalam putusan tahun ini, mengulang sejarah pada PHPU 2014 dengan menolak gugatan pemohon. Saat itu hakim MK bulat suaranya dalam memutus perkara. Hak berbeda pendapat tak digunakan, sebab memang kesembilan hakim memiliki pandangan yang sama menyikapi fakta persidangan.

Selamat bagi pemenang dan diharapkan jangan ada euforia berlebihan. Kontestasi telah berakhir dan saatnya bergandengan tangan membangun negeri ini. Energi jangan lagi dikuras dengan bertikai di media sosial dan perang opini. Prabowo dan Sandiaga Uno telah menyatakan menghormati putusan MK.

KPU akan segera menindaklanjuti putusan MK dengan menetapkan pemenang. Pelantikan sesuai jadwal akan dilakukan pada Oktober 2019 mendatang. Jokowi dan Ma'ruf Amin yang memenangkan Pilpres adalah presiden dan wakil presiden bagi semua rakyat Indonesia. Selamat kepada Jokowi dan Ma'ruf Amin. (**)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments