Selasa, 11 Agu 2020

Penawar Covid-19 Telah Tiba

Jumat, 24 Juli 2020 11:46 WIB
hype.grid.id

Ilustrasi vaksin covid-19

Kalau selama ini setiap hari kita disuguhi kabar yang menakutkan terkait Virus Corona, tetapi kini sudah mulai tersiar kabar baik dan menggembirakan. Vaksin atau penawar Covid-19 telah tiba di tanah air dari Sinovac, China dan tinggal menunggu hasil uji klinis sebelum diedarkan.

Mengingat Indonesia menjadi salah satu negara kasus positif Covid-19 yang besar, bahkan telah melampaui China, maka kabar tibanya vaksin ini sangat melegakan . Kalau tidak ada kendala lagi, maka diestimasi pada awal 2021 akan mulai diedarkan.

Meskipun bukan Kementerian Kesehatan yang mendatangkan vaksin itu, tetapi bagi masyarakat hal itu bukan merupakan masalah. Yang penting vaksin itu ampuh dan efektif untuk menangkal Covid-19, sehingga masyarakat bebas dari kekhawatiran dan bisa beraktivitas seperti biasanya.

Sebagaimana diberitakan, penemuan vaksin tersebut merupakan kerjasama perusahaan farmasi pelat merah (BUMN) Biofarma dengan Sinovac, China. Metodenya inaktivasi, yaitu pembuatan vaksin dengan menggunakan versi tidak aktif dari jenis virus atau bakteri penyebab penyakit tertentu, sama seperti pembuatan vaksin hepatitis A, vaksin flu, polio dan rabies.

Beberapa perusahaan farmasi dunia juga telah berlomba-lomba membuat vaksin Covid-19, termasuk di Indonesia. Selain memanfaatkan lembaga penelitian di dalam negeri dan perguruan tinggi, seperti Lembaga Biologi Molekular (LBM) Eijkman, Balitbangkes, Biofarma dan Universitas Airlangga, pemerintah juga berkolaborasi dengan sejumlah perusahaan farmasi di China dan Korea Selatan.

Dari Indonesia ada 3 perusahaan farmasi yang menggandeng asing dalam penemuan vaksin Covid-19. PT Biofarma bekerjasama dengan Sinovac, China, PT BCHT Teknologi Indonesia dengan China National Biotech Group Company Limited dan PT Kalbe Farma kerjasama dengan Geneksin Korea Selatan. Kerjasama itu telah menemukan titik terang dan diharapkan ketiganya sudah akan mendapat izin edar pada tahun 2021.

Keberhasilan penemuan vaksin Covid-19 ini patut disyukuri. Namun tetap harus diingat bahwa vaksin itu bukan untuk menghilangkan virus, tetapi untuk mencegah serangannya dalam tubuh. Vaksin akan memunculkan antibodi bagi tubuh, sehingga virus corona tidak akan mampu menyerang dan berkembang dalam tubuh manusia. Jadi virus corona itu tetap akan ada meskipun vaksin nya sudah ada, sama seperti virus lainnya.

Itulah sebabnya maka Presiden Jokowi selalu mengingatkan bahwa masyarakat akan memasuki kondisi baru yaitu hidup berdampingan dengan Covid-19. Untuk bisa berdampingan maka protokol kesehatan sebagaimana yang sudah dianjurkan pemerintah selama ini wajib harus dipatuhi meskipun vaksin ini sudah ada. Sehingga perilaku hidup sehat akan menjadi budaya masyarakat Indonesia dalam kehidupan baru ke depan.

Jangan seperti yang terjadi selama ini. Meskipun Covid-19 sudah mewabah dan telah menimbulkan korban di seluruh dunia, tetapi masih banyak masyarakat yang tidak percaya bahwa virus itu ada, sehingga tetap berperilaku seperti sebelum virus itu ada. Padahal pemerintah sudah bekerja keras untuk mengatasi dan memulihkan dampaknya dengan menyiapkan anggaran sampai ratusan triliun rupiah.

Ketidakpercayaan itu membuat masyarakat mengabaikan protokol kesehatan. Diduga itulah penyebabnya maka jumlah kasus Covid-19 terus bertambah dan menjadi kabar sehari-hari yang menakutkan. Dengan tibanya vaksin Covid-19 ini di Indonesia maka sedikitnya akan merubah kabar ketakutan itu menjadi kabar gembira.

Satu hal lagi yang diharapkan masyarakat, yaitu jangan sampai vaksin Covid-19 ini menjadi ajang kesempatan bisnis di tengah ketakutan masyarakat. Jangan seperti rapid test yang dibisniskan dengan harga mahal karena sangat dibutuhkan. Hal ini bisa jadi pelajaran dan penting bagi pemerintah untuk mengawasi peredarannya ke depan.(*)

T#gs Penawar Covid-19Telah Tibavirus Corona
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments