Kamis, 20 Jun 2019

Menjamu Wisatawan Seperti Tamu

Admin Minggu, 30 Desember 2018 12:06 WIB
Upaya Pemerintah Pusat membangun dan membenahi infrastruktur di Danau Toba membuahkan hasil. Promosi gencar dan penawaran paket wisata berhasil memikat para pelancong.  Para wisatawan mancanegara dan lokal mulai berdatangan menghabiskan liburan di kawasan Danau Toba.

Hotel-hotel dan penginapan sudah sibuk melayani penginap. Restoran dan rumah makan sudah ada tamu. Roda perekonomian sudah mulai bergerak dan pada gilirannya akan dinikmati warga sekitar.

Pilihan ada pada warga Danau Toba sekarang, apakah menjadi penonton atau menjadi bagian dari perubahan akibat pariwisata tersebut. Jika hanya menjadi penonton, maka suatu waktu akan tergilas dan terpinggirkan. Apabila kreatif,  maka ada saja yang bisa dilakukan untuk mendatangkan uang.

Misalnya, Danau Toba sangat kaya dengan potensi makanan lokal. Tinggal mengkreasinya sehingga yang menonjol inovatifnya. Jadi turis asing dan lokal tertarik dan mengonsumsinya. Selanjutnya, konsumen tersebut yang akan mempromosikannya.

Kekuatan Danau Toba bukan pada panorama saja. Memang betul keindahan sangat menonjol. Masih ada sisi lain yang juga luar biasa, seperti budaya, kuliner, geologi dan keunikan lainnya. Semuanya masih belum dieksplorasi dengan baik.

Setelah turis datang, ada tugas besar agar mereka betah dan nyaman saat berkunjung ke Danau Toba. Dalam bisnis pariwisata itu bagian terpenting. Bagaimana membuat wisatawan berlama-lama dan akan datang kembali dalam kunjungan berikutnya.

Untuk membuat turis betah dan nyaman diperlukan keramahtamahan (hospitality). Keramahtamahan tersebut harus dimiliki bukan hanya pegiat wisata saja. Masyarakat sekitar Danau Toba mesti memilikinya.

Sebenarnya orang Batak telah memilikinya, karena ada tradisi "partamue" (menjamu tamu). Setiap orang yang datang dianggap sebagai tamu. Biasanya didahului dengan membangun kekerabatan (martutur).

Keramahtamahan merupakan modal utama dalam pariwisata. Turis akan betah dan nyaman apabila disambut serta dilayani sebaik-baiknya. Ayo miliki hospitality, dan terapkan ke tamu yang datang ke Danau Toba. (**)
Editor: Admin

T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments