Sabtu, 15 Agu 2020

Menaati Zona Nyaman Sinabung

Senin, 03 Februari 2014 11:28 WIB
ERUPSI Sinabung di Tanah Karo telah merenggut korban jiwa, 14 orang tewas. Peristiwa ini tidak kita inginkan dan kita berduka atas kejadian yang menimpa saudara kita ini.

Abu vulkanik Gunung Sinabung di Karo, Sumatera Utara, telah meratakan sejumlah rumah di sekitarnya. Zona merah pun ditetapkan di radius sepanjang 5 kilometer sebagai upaya menciptakan kenyamanan dan antisipasi jatuhnya korban.

Meski berbahaya, namun tetap saja banyak warga yang nekat memasuki zona merah Gunung Sinabung, yakni Desa Sukameriah, Bakerah, Simacem dan lainnya. Debu vulkanik menyelimuti seluruh daerah itu Sejauh mata memandang, seluruh desa yang sudah tak berpenghuni itu berwarna abu-abu.

Tanaman-tanaman yang mestinya berwarna hijau saja pun tampak kelabu.  Seharusnya, warga tak berada di zona merah ini, dan tetap berada di zona aman atau di luar radius 5 kilometer.

Keinginan sesegera mungkin mengahiri dampak erupsi Sinabung  adalah keinginan semua warga. Hanya saja niat dan keinginan itu harus tetap realistis dengan  tetap mengutamakan keselamatan di atas segalanya. Kesabaran  dan ketabahan tetap jadi acuan untuk mengeliminir jatuhnya korban atau kerugian yang timbul. 

Pemerintah dalam hal ini badan penanggulangan bencana daerah dan pusat harus terus melakukan koordinasi agar warga jangan lagi memasuki zona merah. Sosialisasi dampak awan panas harus terus dilakukan sebagai upaya mencegah warga memasuki zona merah. Untuk itu, relokasi warga dari zona bahaya harus segera dilakukan.

Namanya bencana masyarakat harus siap dan tabah. Penguatan psikologis warga sangat penting agar warga tetap menaati apa yang jadi anjuran pemerintah.  Komunikasi di antara sesama warga dan pihak pemerintah harus terbangun. Untuk mencegah  dampak yang lebih fatal dan mencegah korban jiwa yang lebih besar lagi.

Realitas menunjukkan erupsi Sinabung masih berlanjut. Alam tidak mungkin kita paksa. Masyarakat harus tetap tabah  dan sabar sampai menunggu berakhirnya erupsi Sinabung.

Sekali lagi, zona nyaman yang ditetapkan oleh pemerintah harus ditaati oleh masyarakat demi keselamatan semua warga. Keselamatan adalah segalanya. Nilai ini harus ditanamkan pada semua masyarakat di sekitar Sinabung untuk keselamatan  bersama.(#)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments