Selasa, 22 Okt 2019

Kunjungan SBY Ke Tanah Karo

Kamis, 16 Januari 2014 10:31 WIB
Rencana kunjungan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Tanah karo untuk melihat secara langsung masyarakat korban erupsi Gunung Sinabung akan sangat bermanfaat bagi warga yang telah sebulan lebih bergumul menghadapi erupsi Gunung Sinabung. Masyarakat  di sekitar bencana dengan jumlah pengungsi mencapai 25 ribu jiwa sangat membutuhkan dorongan moril dan materil untuk bertahan menghadapi bencana.

Tidak bisa dipungkiri beban psikis masyarakat pengungsi saat ini sangat tinggi. Dukungan moril untuk tetap bertahan sangat mereka butuhkan. Kerugian materil juga sangat banyak dirasakan oleh pengungsi. Berbagai aktivitas mereka terhambat yang tentu berdampak pada kehidupan ekonomi. Sebagai contoh biaya anak-anak sekolah, kuliah, atau pemenuhan kebutuhan hidupnya terus mendesak.

Pemerintah harus bertindak cepat untuk mengurangi kerugian psikis dan ekonomi masyarakat. Kita tentu mengapresiasi sikap Presiden SBY yang ingin berkomunikasi langsung dengan masyarakat pengungsi Gunung Sinabung. Kunjungan Presiden SBY yang direncanakan pekan depan ini hendaknya dapat terwujud dengan baik. Semoga tidak ada kata penundaan dalam kunjungan RI-1 ini.

Dengan adanya kunjungan ini masyarakat pengungsi akan terbantu secara moril bahwa mereka diperhatikan oleh pemerintah. Harapan kita dibalik kunjungan ini masyarakat pengungsi makin tabah menghadapi  erupsi Gunung Sinabung. Juga mendorong masyarakat agar juga peduli atas penderitaan masyarakat korban Sinabung ini.

Namun perlu diperhatikan agar kunjungan Presiden SBY jangan hanya menonjolkan aturan protokoler semata. Inti dari kunjungan ini adalah dukungan moril bagi masyarakat pengungsi untuk dapat bertahan atau tetap tabah. Kepentingan politis dalam bentuk pencitraan harus dicegah. Ini bukan ajang kampanye. Niat tulus Presiden SBY harus diterjemahkan semua pihak bahwa kepedulian perlu kita pupuk bersama. Kebersamaan menanggung penderitaan sesama adalah hal yang paling penting.

Kalau kita mau berbagi duka dengan sesama, ini bisa jadi indikator bahwa kita masih punya modal sosial (social capital) yang bagus. Rasa peduli, rasa menanggung, rasa mengasihi selama ini sepertinya sudah mulai luntur seiring dengan mobilisasi masyarakat yang kian tinggi. Dalam konteks dampak erupsi Gunung Sinabung kebersamaan untuk menolong masyarakat pengungsi harus kita lakukan.

Semoga dampak kunjungan Presiden ini bisa mengirimkan sinyal kepada Pemkab Karo dan Pemprovsu bahwa mereka harus bekerja lebih keras lagi mengantisipasi hal–hal yang tidak diinginkan. Kepekaan pemerintah pada masyarakat pengungsi adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.
 
Masyarakat kita sudah menderita karena erupsi Gunung Sinabung. Pemerintah harus tanggap dan memperhatikan masyarakat. Kita berharap kunjungan SBY ke Tanah Karo mampu mengangkat moril saudara kita yang tertimpa musibah dan mendapat solusi atas masalah yang dihadapi. (#)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments