Selasa, 26 Mei 2020
PDIPSergai Lebaran

Fokus

Kemah Pemuda Kebangsaan,Sebuah Komitmen

Minggu, 16 Maret 2014 15:33 WIB
Istilah berkemah sudah sering kita dengar. Biasanya ajang ini sering dilaksanakan oleh Pramuka yang mayoritas berasal dari siswa/i SMU atau sederajat. Manfaat dan tujuan berkemah tentu sangat penting sebagai upaya membangun sikap, karakter yang disiplin, tahan tantangan, jujur, dan peduli akan sesama. Manfaat dan tujuan berkemah ini juga mengajarkan arti hidup bersama dan bekerjasama tanpa disekat oleh identitas. Dalam berkemah, semua yang berbeda jadi satu karena yang paling penting ditonjolkan adalah kebersamaan  hidup yang saling menolong dalam situasi yang serba sulit. Dalam perkemahan biasanya fasilitas sangat minim sekali. 

Saat para pemuda dari berbagai latar belakang suku, agama, dan organisasi menggelar kemah pemuda kebangsaan di Pematang Siantar yang dipelopori oleh tokoh pimpinan organisasi nasional dari Kristen dan Islam, dan didukung Harian SIB beserta Pemprovsu dan Pemkab Simalungun ini, merupakan kegiatan yang sangat positif dan juga konstruktif terhadap masa depan bangsa. Dalam kemah pemuda kebangsaan ini semua akan diajak dialog, bicara tentang pentingnya arti kebersamaan antar semua etnis, suku, agama untuk masa depan Indonesia yang bercirikan pluralisme.

Tidak bisa kita pungkiri masalah konflik etnis, konflik suku sudah  sering jadi ancaman di negara kita ini. Semua itu harus dieliminir sampai ke akar-akarnya. Bibit konflik atas nama suku dan agama harus dimatikan sebelum menjadi virus yang sangat  mematikan. Indonesia adalah sebuah bangsa yang kokoh berdiri sejak 17 Agustus 1945 atas dasar perjuangan para pejuang bangsa dengan berbagai latar belakang agama dan etnis.

Bangsa Indonesia sudah punya karakter kebangsaan semenjak sumpah pemuda dibacakan tahun 1928. Hanya saja dalam perkembangan kita sebagai sebuah negara bangsa (nation state) banyak duri yang harus dihadapi. Berbagai konflik sering kali mulai muncul ke permukaan karena kepentingan sesaat. Ini menguap karena banyak faktor yang mendorong.

Untuk itu, perlu sebuah pemikiran baru dan pembaharuan baru mengenai masa depan keberagaman bangsa. Kita sudah menyepakati bersama “Bhineka Tunggal Ika” sebagai pilar kebangsaan yang harus kita jadikan sebagai rujukan dan nafas hidup sehari-hari. Dengan beragam kita semakin kuat karena suguhan potensi dari berbagai suku, agama, jika diberdayakan dan disatukan maka akan semakin bagus.

Mari mendukung kemah pemuda kebangsaan  karena program ini membawa dampak yang sangat besar bagi para generasi muda untuk menciptakan Indonesia yang majemuk, tetapi satu tujuan sebagaimana yang diamanatkan dalam Pembukaan UUD 1945. Dengan kita bersatu karena saling menghargai maka masa depan sebagai bangsa yang kuat, bermartabat akan di tangan. Permasalahannya, bagaimana kita membuka hati bahwa keberagaman yang kita anut merupakan anugerah Tuhan kepada bangsa ini.

Tuhan menganugerahkan banyak potensi kepada bangsa kita. Baik potensi budaya, alam dan juga manusianya. Tinggal lagi, bagaimana kita mengelolanya dengan memberdayakan semua potensi untuk kemajuan bangsa dan kesejahteraan masyarakat. Semoga kemah pemuda kebangsaan yang akan digelar 21-23 Maret 2014 ini menghasilkan sebuah deklarasi komitmen untuk memperkuat,  persatuan, dan kemajuan bangsa ditengah pluralisme bangsa kita saat ini dan pembaharuan terhadap Sumpah Pemuda yang lebih mengadopsi perlembangan kehidupan zaman modern sekarang dengan berbagai tantangannya.

Indonesia yang didirikan oleh “The Founding Fathers” dengan satu tujuan, menjadi bangsa yang merdeka, berdaulat, bermartabat. Saat para pejuang ini mendirikan bangsa ini, mereka tidak pernah bicara anda suku apa, anda agama  apa, dan anda dari daerah mana? Di hati mereka yang terdalam, tersimpan sebuah cita-cita yang sangat mulia, para anak cucu kami pada suatu saat dapat hidup bersama dalam suasana kesejahteraan lahir dan bathin. Inilah yang diperkuat dalam kemah pemuda kebangsaan di Pematang Siantar.  (#)

Simak juga berita lainnya di Harian Umum Sinar Indonesia Baru (SIB) edisi 16 Maret 2014. Atau akses melalui http://epaper.hariansib.co/ yang di up-date setiap pukul 13.00 WIB.




T#gs pemuda
LebaranDPRDTebing
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments