Senin, 22 Apr 2019

Generasi Muda Kreatif dan Inovatif

admin Minggu, 07 April 2019 11:16 WIB
Persaingan di masa depan akan semakin ketat. Digitalisasi sudah tak terbendung dan mengubah banyak hal. Jika hanya biasa-biasa saja tanpa kreativitas dan inovasi, maka kita dipastikan akan tergilas arus zaman.

Teknologi berbasis digital akan menghasilkan robot-robot pekerja diperkirakan akan menghilangkan 50 juta jenis pekerjaan di Indonesia. Artinya, lapangan pekerjaan konvensional akan semakin menyempit, dan jumlah pengangguran bisa meningkat.

Ada sejumlah pekerjaan yang akan hilang, antara lain pegawai kantor pos, resepsionis maupun sekretaris dan tenaga administrasi perkantoran. Kemudian pekerja di industri perangkat keras juga akan tergantikan teknologi untuk menyimpan data. Perbankan juga terganggu bisnis modelnya dengan maraknya fintech.

Pekerjaan penerjemah bahasa asing juga terancam seiring munculnya aplikasi Google Pixel Buds. Wireless handphone seharga 159 dolar AS yang memiliki aplikasi ini segera beredar di pasar. Para penerjemah yang selama ini memandu tamu-tamu asing akan terancam menganggur dengan hadirnya perangkat ini.

Era tersebut akan segera tiba dalam beberapa tahun ke depan. Jika generasi muda sekarang tak dipersiapkan, maka bakal menjadi penonton di negeri sendiri. Pekerja dari negara lain yang akan menjadi tuan di Indonesia.

Pemerintah telah menyadari hal itu bakal terjadi jika tak ada perubahan dari sekarang. Pemuda pun diajak untuk tak lagi mementingkan sesuatu yang hanya bersifat kebanggaan saja, seperti ijazah dan gelar. Mereka harus memiliki ketrampilan yang bisa bersaing di era digital.

Pendekatan pendidikan sudah bergeser ke vokasi. Sebenarnya dulu sudah ada, seperti SMK untuk tingkat SLTA dan Politeknik. Balai latihan kerja (BLK) digenjot agar memerlengkapi anak-anak muda dengan keahlian digital.

Sayangnya masih banyak generasi muda masih terlena. Mereka memang telah bergaya hidup digital, tetapi masih sebatas sebagai pengguna. Sebagian besar malah hanyut bermain game online dan hanya asik bermedia sosial saja.

Padahal yang diperlukan adalah orang yang kreatif dan inovatif. Ada banyak peluang bagi anak muda di era digital, antara lain menjadi developer program, animator, youtuber dan inovator pertanian. Ayo generasi muda, tingkatkan kapasitas, dengan belajar dan berlatih. (**)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments