Kamis, 18 Jul 2019

Didedikasikan Melayani Kepentingan Umum

admin Jumat, 10 Mei 2019 11:37 WIB
Setahun lagi Harian Sinar Indonesia Baru (SIB) akan memasuki usia emas. Berarti sudah hampir 50 tahun hadir melayani masyarakat dunia melalui penyajian informasi yang bukan sekadar berita. Dalam perjalanannya melewati dua zaman, yakni Orde Baru dan Orde Refornasi, banyak hal yang telah terjadi.

Harian ini didirikan DR GM Panggabean. Bermodal semangat dan mengandalkan kuasa Tuhan, ternyata bisa berkembang dan menjadi salah satu media berpengaruh. Meski terbit di Medan, Sumatera Utara (Sumut), SIB merupakan surat kabar nasional yang telah terverifikasi Dewan Pers.

Meski ada kekurangan di sana-sini, Harian SIB terus berbenah untuk meningkatkan kualitas. Wartawan dan redaksi didorong menjadi kompeten dalam tugasnya, melalui sertifikasi yang diselenggarakan Dewan Pers. Secara internal, pembinaan dilakukan secara konsisten terhadap wartawan dan unit pendukung.

Komitmen SIB masih teguh untuk Demokrasi, Persatuan, dan Pembangunan. Hal itu merupakan amanat Pak GM yang masih relevan hingga sekarang. Bangsa Indonesia masih harus terus merawat budaya demokrasi, yang antara lain diwujudkan melalui Pemilu.

Harian SIB secara berimbang dan melalui proses verifikasi sesuai kaidah jurnalistik, menyajikan berita-berita pemilu. Beritanya mengajak semua pihak menerima dan menghormati proses demokrasi. Perbedaan pilihan merupakan hal wajar, namun tak boleh menjadi alasan untuk merusak demokrasi yang telah lama membumi di Indonesia.

Persatuan bangsa juga menjadi perhatian SIB. Sebab bagaimana Indonesia bisa maju jika komponen masyarakat terpecah dan saling curiga. Harian ini terus mendorong melalui pemberitaan tentang pentingnya persatuan dalam bingkai NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Kemudian selalu mendukung pembangunan. Apakah itu masih tahap usulan, rencana, pelaksanaan dan pasca pembangunan. Antara lain lihatlah bagaimana kontribusi Harian ini dalam memajukan pariwisata Danau Toba melalui pemberitaan. Lalu, membuka ruang bagi aspirasi pembangunan jalan tol Medan-Karo, yang masih terus disuarakan.

Kami harus menyatakan SIB tidak ada apa-apanya tanpa pembaca, pemasang iklan, dan masyarakat. Itu sebabnya, beri kami dukungan, masukan dan kritikan. Harian ini milik masyarakat dan didedikasikan untuk melayani kepentingan umum.

Dalam usia 49 tahun, SIB bertekad akan terus berupaya memberi yang terbaik. Doakan kami untuk terus bertahan di tengah ancaman makin tergerusnya pembaca media cetak. Tak mudah, tetapi harian ini akan tetap berjuang bersama rakyat. Dirgahayu Harian SIB! (**)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments