Rabu, 18 Sep 2019

Apresiasi Terhadap Pelanggan

admin Kamis, 05 September 2019 10:58 WIB
Kemarin merupakan Hari Pelanggan Nasional di Indonesia. Hari Pelanggan Nasional. Ini momen yang tepat untuk memompa semangat perusahaan dalam rangka memuaskan pelanggan. Jadi, bukan sekadar memberi promo dan diskon pada satu hari saja.

Hari Pelanggan Nasional itu dicanangkan Presiden kelima Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri pada 4 September 2003 silam. Awalnya digagas CEO Frontier Group dan pakar pemasaran Handi Irawan. Selanjutnya setiap tahun dirayakan dengan berbagai kegiatan sebagai apresiasi terhadap pelanggan.

Selain Hari Pelanggan Nasional, di Indonesia dikenal juga Hari Konsumen Nasional yang jatuh di bulan Maret. Pelanggan sebenarnya merupakan bagian dari konsumen. Dengan kata lain, pelanggan adalah konsumen tetap yang sudah memiliki loyalitas.

Pelanggan merupakan aset berharga yang mesti dirawat dan dijaga. Loyalitas mereka patut diapresiasi dengan memberi layanan terbaik. Ketidakpuasan akan segera mengubahnya dari pelanggan menjadi konsumen biasa, atau pelanggan beralih ke yang lain.

Ada ungkapan yang terkenal "pelanggan adalah raja". Berarti muara dari semua yang dilakukan, apakah barang atau jasa, adalah kepuasan pelanggan. Pendapat mereka yang harus didengar, dibandingkan pihak lain.

Bukti pelanggan yang puas adalah semakin meningkatnya penjualan. Sebab biasanya mereka yang respek akan datang atau membeli kembali, dan merekomendasikan ke orang lain. Testimoni secara "word of mouth" (dari mulut ke mulut), jauh lebih kuat dari ribuan promosi.

Perusahaan yang baik akan mencari tahu apa sebenarnya keinginan pelanggan. Alatnya yang paling sahih adalah melalui penelitian. Survei kepuasan konsumen mesti dilakukan secara berkala, agar pelaku bisnis bisa bertahan dan berkembang.

Kritikan dan saran pelanggan jangan ditanggapi reaktif. Umpan balik tersebut merupakan masukan berharga. Meski dalam praktiknya perusahaan tetap harus selektif, mana yang masukan yang relevan.

Diharapkan program menyenangkan pelanggan dilakukan setiap hari. Diskon memang bagus, tetapi dampaknya hanya bersifat ekonomis. Keramahtamahan dan layanan purnajual mesti tetap dijaga agar jumlah pelanggan bertambah, yang dampaknya ke laba perusahaan. (**)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments