Sabtu, 19 Sep 2020

Harapan Kepada Kapoldasu yang Baru

Senin, 08 September 2014 10:20 WIB
Saat kedatangannya di Medan yang disambut  tortor dan diberikan seperangkat pakaian adat Batak Toba, ada secercah harapan kepada Kapoldasu yang baru Irjen Eko Hadi Sutedjo untuk meningkatkan kinerja jajaran Polri di Sumatera Utara. Sebagaimana yang kita ketahui bersama, tingginya angka kriminalitas, peredaran narkoba, ‘mahalnya’ rasa aman dan nyaman, hingga konflik pertanahan di Sumut, menjadi tugas khusus yang bakal menanti Kapoldasu yang baru. Pemberian seperangkat pakaian adat Batak Toba kepada Kapoldasu hanyalah sebuah pesan dan ungkapan masyarakat agar bekerja dengan maksimal menekan angka kriminalitas yang kian meresahkan masyarakat.

Irjen Eko Hadi Sutedjo diangkat sebagai Kapolda Sumut berdasarkan Surat Telegram Rahasia Kapolri nomor : Kep/667/VIII/2014, tertanggal 22 Agustus 2014. Masyarakat Sumut pun berharap sebuah gebrakan baru dari Kapoldasu untuk memimpin jajaran polisi dengan mengedepankan profesionalisme dalam rangka menekan  kriminalitas, korupsi dan peredaran narkoba yang kian meresahkan masyarakat kita setiap harinya.

Kondisi terkini Sumut, khususnya Kota Medan sudah sangat parah. Warga Kota Medan untuk keluar malam saja sudah sangat ketakutan. Jangankan malam, di siang bolong pun aksi perampokan sudah jadi tontonan yang bukan hal asing lagi. Keamanan dan kenyamanan  merupakan tanggung jawab bersama, tetapi  aparat kepolisian harus bekerja maksimal sebagai institusi yang punya tugas khusus dalam bidang keamanan.

Keamanan merupakan prasyarat utama untuk melaksanakan berbagai aktivitas. Sebagai contoh, apakah investor  mau datang ke Kota Medan jika ternyata masalah keamanan tidak pernah selesai? Aksi perampokan yang dialami  para turis  sangat mengganggu dan punya dampak sangat besar bagi Sumatera Utara. Apa jadinya, jika di negara-negara Barat sana misalnya terbangun sebuah opini bahwa Sumut tidak aman dan rawan dengan perampokan. Ini sangat merugikan kita.

Berbagai program tahun kunjungan yang terus digalakkan pemerintah tidak akan pernah berhasil. Siapa yang mau datang berinvestasi maupun berwisata ke Sumut jika masalah keamanan menjadi barang yang sangat langka ? Untuk itu, apapun harus dilakukan Kapoldasu yang baru untuk memulihkan keamanan di daerah ini.

Buktinya, Irjen Oegreseno dan Irjen Pol Sutanto pada saat memimpin Polda Sumut mampu melakukan berbagai gebrakan. Pendekatan yang dilakukan langsung menyentuh akar persoalan. Sutanto dan Oegroseno berhasil memimpin Poldasu dengan baik dan meninggalkan kenangan manis di Sumut.  Untuk itu, dukungan masyarakat kepada Poldasu di satu sisi, dan komitmen yang tinggi dari Poldasu untuk melayani masyarakat di sisi lain harus mampu menciptakan rasa nyaman dan aman bagi masyarakat Sumut. Berbagai kasus yang belum terungkap pun harus dituntaskan agar kepercayaan masyarakat pada Polri secara institusi makin baik.

Tugas polisi adalah melayani masyarakat. Masyarakat pun punya tanggung jawab dengan menaati segala peraturan dan mendukung tugas Polri untuk kepentingan bersama. Masyarakat dan Polri harus menyatu demi menciptakan keamanan dan kenyamaman bersama, yang pada akhirnya akan membuat kita semua hidup tenang  beraktivitas dalam berbagai hal. (#)


T#gs harapan
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments