Sabtu, 04 Apr 2020

Wanita, Lawan Stereotip dengan #AkuBisa

Redaksisib Minggu, 01 Maret 2020 19:45 WIB

Andrea Gunawan

Saat ini ternyata banyak stereotype yang berkembang di masyarakat yang menghambat seseorang terus berkarya dalam hidupnya. Beberapa contoh misalnya perempuan yang belum nikah hingga umur 30-an #BisaApaSih dan seorang pria akan dianggap sukses atau mapan saat sudah punya rumah impian dan pekerjaan yang punya masa depan.

Meski hal ini belum tentu sepenuhnya benar. Mereka yang belum menikah, tapi tetap bisa kok bahagia. Lalu mereka yang bekerja bukan di gedung atau perkantoran seperti freelance bisa lebih kaya akan pengalaman dan punya masa depan. Intinya yakinkan diri bahwa #AkuBisa mematahkan stereotip itu.

Pertanyaan sejenis juga sering ditemui Andrea Gunawan selaku Independent Image Consultant and Date Coach saat menerima konsultasi dan mendengarkan keluh kesah orang. Ada yang berucap, "Saat belum menikah, aku pasti ditanya #BisaApaSih emangnya?" atau ada juga yang bertanya "Susah Kak kalau mau nikah, orangtua perempuan masih nanya emang sudah punya apa dan kamu tuh #BisaApaSih ?"

Diungkapnya, masih banyak dari mereka yang berkonsultasi dengannya peduli dengan omongan orang dan takut ketika dicecar judgmental dari orang lain. Apalagi kalau ditanya "kapan nikah?" saat usia memasuki umur 30-an.

"Masih banyak takut dan peduli dengan omongan orang kalau ditanya kapan nikah, kayaknya takut banget. Padahal menurut aku sendiri daripada dipaksain untuk nikah kalau kondisi mentalnya belum siap mendingan single aja dulu," ujar Andrea dalam acara Hitam Putih Trans7, dikutip detikcom, Kamis (27/2).

Pemilik akun @catwomanizer ini mengatakan padahal banyak orang di luar sana, bukan hanya perempuan, dari pihak pria pun yang sudah mendapat achievement dari masyarakat, tapi karena status belum menikah atau dirasa profesinya tidak jelas, mereka dianggap salah.

"Dan yang perlu kita sadari adalah stereotip ini bukan tentang mana hal yang benar dan salah. Lakuin apa yang dirasa benar, yah lakuin tanpa pusing omongan orang," ungkap Andrea.

Andrea juga mengungkapkan pentingnya spirit #AkuBisa untuk kita semua, tidak hanya untuk perempuan, tapi juga kaum adam agar bisa menangkis stereotip masyarakat melalui karya dan bukti nyata.

Sebab spirit #AkuBisa ini bisa memotivasi diri, menimbulkan rasa percaya diri dan berani untuk melakukan sesuatu yang benar dan positif.

Jadi jangan sampai omongan orang lain itu dapat menghambat langkah dan hidup. Tegaskan bahwa #AkuBisa untuk terus berkarya dan menjadikan bahagia atas apa yang akan dicapai. (Wolipop/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments