Sabtu, 06 Jun 2020
PDIPSergai Lebaran
  • Home
  • Sinar Wanita
  • Wanita, Ini Cara Tetap Produktif Kerja di Rumah Meski Ada Anak

Wanita, Ini Cara Tetap Produktif Kerja di Rumah Meski Ada Anak

redaksisib Minggu, 29 Maret 2020 19:07 WIB

Ilustrasi

Virus Corona masih menghantui masyarakat dunia. Di Indonesia, sejumlah perusahaan telah meminta para pekerja untuk Work From Home atau yang sering disebut dengan WFH. WFH adalah istilah yang belakangan jadi perbincangan karena disarankan pemerintah sebagai taktik social distance.

Tapi untuk sebagian pekerja yang juga orangtua, WFH justru sulit dilakukan karena ada anak di rumah.

Agar tetap produktif selama work from home meski ada anak, berikut beberapa cara yang bisa diterapkan dari penulis freelance Nicole Roder kepada Business Insider:
1.Jelaskan Kepada Anak
Meski belum semua kantor menerapkan, WFH adalah acara yang dianggap bisa mencegah penyebaran virus Corona. Meski begitu, hal ini mungkin malah menyulitkan para orang tua apalagi yang anaknya juga diliburkan.
Satu hal yang perlu dilakukan untuk bisa bekerja lebih produktif saat 'work from home' adalah menjelaskan kepada anak ayah atau ibu sedang bekerja di rumah dan minta si kecil untuk mengerti. Karenanya, beri pengertian ketika bekerja sebaiknya tidak diganggu. Bilang kepada anak sementara ia bisa bermain atau meminta bantuan dengan orang lain di rumah.

2.Buat Jadwal WFH
Work from home artinya Anda harus bisa mendisiplinkan diri ketika bekerja tanpa pengawasan bos dan kehadiran rekan-rekan. Karenanya, buatlah jadwal untuk menentukan kapan Anda harus bekerja dan kapan bisa bertemu anak-anak lalu komunikasikan pada mereka. Katakan jika mereka menurut, ibu atau ayah bisa bermain lebih lama dengan anak atau 'iming-iming' lain.

3.Tugaskan Pada yang Besar
WFH adalah waktu yang tepat untuk memberi tugas kepada si kakak membimbing adik-adiknya. Jika Anda punya anak yang besar, minta ia untuk mengajak anak-anak yang lebih kecil bermain atau bahkan mengajarkan mereka belajar. Jadikan si bungsu sebagai contoh untuk adiknya agar lebih mandiri.

4.Bekerja Saat Anak Tidur
Salah satu cara yang banyak dilakukan ibu yang bekerja freelance adalah memanfaatkan waktu anak tidur. Jika tugas Anda saat WFH adalah sesuatu yang tergolong ringan, Anda mungkin bisa mengerjakannya saat anak tidur siang. Atau jika mungking Anda bisa menyelesaikan nanti saat malam ketika mereka terlelap.

5.Sibukkan Anak
Satu hal lain yang bisa dilakukan ibu dan ayah WFH adalah menyibukkan anak dengan mainan dan belajar. Sediakan alat-alat untuk mereka bisa sibuk sendiri, seperti buku bacaan, buku mewarnai, dan mainan yang tidak buat berisik. Work from home adalah momen yang tepat untuk menuntut mereka lebih mandiri dan pengertian.

6.Di Kamar Mandi
Untuk orangtua yang punya anak-anak kecil kadang memang sulit untuk tidak diganggu si kecil. Salah satu cara darurat yang disarankan Nicole adalah dengan mengunci diri di kamar mandi ketika harus menjawab telepon yang penting atau mengirim email mendadak. Pastikan untuk mengelap gadget Anda setelahnya ya.

7.Bolehkan Pakai Gadget Lebih Lama
Cara terdesak yang dapat diterapkan selama masa WFH adalah memperbolehkan anak-anak pakai gadget lebih lama. Sebagian orangtua cukup ketat dalam membatasi 'screen time' anak. Ketika pekerjaan menuntut mungkin Anda bisa membiarkan mereka menonton televisi atau bermain game lebih lama dari biasanya. (Wolipop/d)
T#gs
LebaranDPRDTebing
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments