Selasa, 18 Jun 2019

Tips Jitu Mengurus Rumah Saat Ditinggal Mudik ART

admin Minggu, 26 Mei 2019 14:24 WIB
Ilustrasi
Tradisi mudik lebaran yang berlangsung setiap tahun di Indonesia menyisakan satu masalah besar bagi rumah tangga yang sehari-harinya dibantu oleh asisten rumah tangga (ART). Kepergian ART ke kampung halaman tentu membuat beberapa pekerjaan mau tak mau harus ditangani sendiri. Apalagi mereka yang memiliki anak-anak yang masih kecil. Beban kerja dan stresnya bisa makin meningkat.

Ketika ART tidak ada, bukan berarti pekerjaan rumah terbengkalai dan hanya para ibu yang kepusingan. Ini saatnya untuk menguji kekompakan dan kepedulian bersama anggota keluarga. Catat rincian tugas utama yang perlu diprioritaskan, kemudian bagilah dengan pasangan dan anggota keluarga lainnya. Hindari bersikap bawel dan memerintah, bicarakan dengan baik-baik karena urusan pekerjaan rumah tangga mungkin tidak biasa bagi mereka.

Berikut tips jitu mengurus rumah tangga ketika "mbak ART" cuti kerja untuk mudik lebaran sebagaimana dilansir Liputan6.com :
Masak makanan praktis

Ketika ada ART, Anda mungkin tidak terlalu pusing untuk menyiapkan makanan dan mencuci piring. Kini dengan ART yang lagi cuti, urusan makanan dan cucian piring harus diatur dengan baik. Kalau terlalu report untuk memasak dan bersih-berih dapur, Anda bisa siasati dengan membeli makanan praktis. Tapi, penting sekali Anda untuk menyetok beras, kentang, telur, sosis, dan mi untuk memasak cepat.

Tidak menunda merapikan barang
Salah satu kebiasaan yang membuat pekerjaan rumah itu melelahkan adalah menunda-menunda untuk merapikan barang. Sekali ditunda, maka semakin banyak juga barang yang perlu dirapikan. Akhirnya, menumpuk dan malah mengotori wilayah lain yang sebenarnya bersih.

Cucian kotor, serahkan pada ahlinya
Tugas rumah tangga yang paling berat adalah mencuci. Pekerjaan ini memakan waktu yang tidak sedikit, apalagi kalau pakaian-pakaian kotor dari semua anggota keluarga dikumpulkan, sudah pasti banyak. Dan tidak mungkin juga mencuci setiap hari, kumpulan cucian 2-3 hari saja sudah menumpuk apalagi kalau sampai seminggu atau 2 minggu ART libur. Jasa Laundry? Para pegawainya juga cuti liburan, jadi tidak bisa begitu diharapkan. Kalaupun ada, biasanya durasi penyelesaian lebih lama dan bisa meningkat harganya.

Irit penggunaan baju bisa jadi solusi, tapi sepertinya akan sulit apalagi kalau anak-anak sudah banyak aktifitas dan harus gonta-ganti baju. Solusi yang paling tepat urusan cucian kotor adalah mencuci sendiri dengan mesin cuci. (R17/c)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments