Senin, 09 Des 2019

Studi: Anak Perempuan Bikin Ayah Hidup Lebih Lama

redaksi Minggu, 17 November 2019 18:42 WIB
Liputan6.com
Anak Perempuan Bikin Ayah Hidup Lebih Lama

Selain kebahagiaan yang dibawa kaum hawa ke dunia, ternyata mereka juga menambahkan tahun-tahun berharga bagi masa hidup ayah mereka.


Menurut sebuah penelitian, ayah yang memiliki anak perempuan cenderung hidup lebih lama dibandingkan dengan mereka yang tidak memilikinya.


Karena tidak banyak yang diketahui tentang efek melahirkan pada kesehatan dan tubuh ayah, sebuah penelitian dilakukan para ahli dari Universitas Jagiellonian untuk menggali lebih dalam.


Melansir Brightside, Jumat (15/11), sejumlah besar data demografis dikumpulkan lebih dari 4.310 orang (terdiri dari 2.147 ibu dan 2.163 ayah ) dan dianalisis.


Jumlah anak yang diperhitungkan terdiri dari anak perempuan dan laki-laki dari dua variabel yang berbeda. Hal ini ditemukan bahwa jumlah anak tidak memiliki jenis efek pada ayah. Namun, diketahui bahwa jumlah anak perempuan terkait dengan umur panjang ayah.


Penelitian Lainnya
Studi mengklaim bahwa ayah dengan anak perempuan cenderung hidup lebih lama dan jumlah anak perempuan yang mereka miliki berpengaruh pada makin lama mereka hidup. Sementara itu, hasil penelitian terkait ibu malah sebaliknya.


Menurut penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Human Biology, baik anak perempuan dan anak laki-laki memiliki dampak negatif pada kesehatan ibu dan mengurangi masa hidupnya. Tapi, ahli lain baru-baru ini mengungkapkan bahwa wanita yang tinggal lebih lama akan lebih bahagia.


Bertentangan dengan penelitian tersebut, yang lain mengklaim bahwa memiliki anak, terlepas dari jenis kelaminnya, meningkatkan masa hidup kedua orangtuanya.


Berdasarkan data yang dikumpulkan lebih dari 14 tahun, para peneliti ini telah menemukan bahwa pasangan dengan anak lebih mungkin hidup lebih lama dibandingkan dengan mereka yang memilih untuk tetap bebas tanpa anak. (Liputan6.com/f)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments