Sabtu, 23 Nov 2019

Setelah Yahoo!, Wikipedia Dipimpin Perempuan

Minggu, 11 Mei 2014 23:25 WIB
Lila
Los Angeles (SIB)- Sejak Marissa Mayer ditunjuk sebagai CEO Yahoo! kinerja perusahaan teknologi tersebut melesat pesat. Sejak menjabat sebagai bos besar Yahoo! pada Juli 2012, wanita yang sebelumnya sempat mengabdi selama 13 tahun di Google itu tercatat telah melakukan aksi akuisisi sebanyak 37 kali.

Berkaca pada kesuksesan Yahoo!, Wikipedia juga menunjuk seorang wanita cantik bernama Lila Tretikov untuk mengisi salah satu posisi jajaran eksekutif perusahaan. Tretikov sendiri akan menjabat sebagai Executive Director of Wikimedia Foundation yang merupakan perusahaan induk dan bertanggung jawab langsung atas Wikipedia.

Recode dan SCTV, Rabu, (7/5), melaporkan, per 1 Juni 2014, wanita cantik berusia 36 tahun berdarah Rusia itu akan menggantikan pejabat sebelumnya, Sue Gardner, yang sudah memimpin Wikipedia selama kurang lebih tujuh tahun.

Dalam pernyataan resminya Tretikov menyebutkan, "ketika saya mendengar penunjukan saya sebagai pimpinan baru di Wikipedia, saya berpikir ini adalah sesuatu yang sangat besar: memimpin sebuah situs web yang sangat besar dan populer di dunia. Wikipedia memiliki 80 ribu pengguna aktif di berbagai penjuru dunia, dan saya mulai saat ini mengemban sebuah misi besar - memberikan dan menyediakan informasi pengetahuan secara bebas untuk semua orang."

Salah seorang direktur Wikipedia, Jan-Bart De Vreede, mendeskripsikan Tretikov sebagai pemimpin yang luar biasa dengan hasrat untuk pengetahuan, latar belakang teknis dan produk yang mendalam. Ia pun mengatakan bahwa Tretikov adalah pengguna dan pembaca setia Wikipedia, meski sebenarnya wanita lulusan University of California itu belum pernah menempati posisi editor konten di Wikipedia.

Penunjukkan Tretikov sendiri dibantu oleh perusahaan jasa pencari eksekutif, Oppenheim Associates. Hanya dalam kurun waktu satu bulan, Oppenheim Associates dan Wikimedia Foundation bersepakat untuk menunjuk Tretikov sebagi nakhoda baru Wikipedia.

Sebelum menjabat sebagai bos baru Wikipedia, Tretikov sempat bekerja di perusahaan software SugarCRM sebagai Chief Product Officer selama 2 tahun. Bersama sejumlah rekannya, ia pun merintis perusahaan software dan konsultasi IT bernama Zamurai Corporation. (t/r9/c)


T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments