Selasa, 10 Des 2019

Mi Superpedas Pengusir Flu

Minggu, 13 April 2014 21:19 WIB
SIB/int
Mie Pedas
Bandung (SIB)- Di Bandung, kuliner ragam bahan dasar tersebar luas. Salah satunya adalah makanan mi. Salah satu kafe di Jalan Dipati Ukur di ibu kota Jawa Barat itu ada menu inik dengan nama mi setan mata meler. Menu mi dengan campuran ekstra pedas hingga level 5, membuat mata para penikmat menjadi meler kepanasan. Konon, setelah menyantapnya, penyantap — bila menderita flu dan hidung tersumbat karena kotoran menyumbat — bisa sembuh dari flu.

Sesuai namanya, menu mi yang satu ini mampu membuat lidah Anda terasa panas, hingga wajah memerah. Layaknya setan dengan mata meler. Proses membuat mi ini tidaklah sulit dan tidak butuh waktu lama. Pertama, siapkan bahan-bahan seperti jamur kuping, daun sawi, mi, cabai kering, penyedap rasa, racikan sambal rahasia, dan satu butir telur rebus. Setelah semua bahan siap, rebus mi selama 5 menit lalu tiriskan.

Kemudian, lanjutkan dengan merebus jamur kuping dan daun sawi selama 3 menit. Campur mi dengan jamur kuping dan sawi, lalu taburkan racikan sambal rahasia, cabai kering, dan penyedap rasa serta aduk hingga rata. Mi setan mata meler pun siap dihidangkan. Untuk mempercantik penampilan, tambahkan telur rebus di atasnya.

Ide membuat mi sambal setan mata meler ini berawal dari kebiasaan mahasiswa dan pelajar kota Bandung yang senang mencari makanan hangat dan pedas. "Awalnya anak-anak Bandung, seperti pelajar dan mahasiswa senengnya nyari makanan yang rada-rada hot. Jadi, muncul ide bikin mi setan," ujar pemilik menu Rossy Azahra,  seperti disiarkan Topik Pagi ANTV.

Menu dimaksud dapat dikerjakan di rumah sendiri. Bahannya 1 bks mi instan kuah, 100 gram ayam goreng, potong tipis, 5 buah cabe rawit, 1/2 buah tomat, iris dadu, 1 siung bawang putih, cincang kasar, 1/4 sdt merica, 1 sdm sari jeruk nipis. Daun bawang, cincang halus.

Cara Membuat: Masak mi instan seperti biasa, setelah setengah matang buang airnya. Tumis cabe rawit, bawang putih, ayam dan tomat hingga layu.

Masukkan mi yang sudah ditiriskan. Tambahkan sedikit air. Aduk hingga kuah mengental. Masukkan bumbu mie instant, merica, dan jeruk nipis. Aduk kembali hingga merata. Angkat dan sajikan. Taburi dengan daun bawang yang segar. (t/r9/c)

T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments