Rabu, 03 Jun 2020
PDIPSergai Lebaran

Merias Wajah Anak di Usia 11 Tahun

Minggu, 30 Maret 2014 20:24 WIB
London (SIB)- Anak-anak sudah pandai bersolek! Itu ucapan orang dulu. Sekarang, sesuai hasil penelitian yang diungkapkan Marie Claire seperti ditulis Syafrina Syaaf, sekarang anak-anak berusia 11 tahun sudah mulai bersolek.

Dahulu, memulaskan perona pipi ke wajah hanya sebatas permainan bagi anak-anak perempuan meniru kebiasaan ibu saat di depan meja rias. Namun, bagi anak-anak perempuan zaman sekarang, merias wajah sudah menjadi ritual wajib yang mereka lakukan setiap hari sebelum berangkat sekolah. Kenyataan yang mengerikan dan memprihatinkan ini bukan cuma isapan jempol belaka.

Sebuah penelitian yang digagas oleh Escentual.Com dan dipublikasi Kompas.Com menunjukkan bahwa sekarang kebiasaan merias wajah dengan make-up yang tebal bak perempuan dewasa sudah dimulai oleh anak perempuan semenjak usia 11 tahun!

Anak-anak perempuan zaman sekarang mengikuti tren mode dan kecantikan dengan cara yang sangat impulsif. Mereka ingin berburu-buru tumbuh dan dianggap dewasa oleh lingkungan sosial. Menurut penelitian, sebanyak 38 persen responden perempuan mengatakan alasan anak perempuan merias wajah karena ingin terlihat lebih matang dari usia mereka yang sebenarnya.

Melihat fenomena yang berkembang di tengah lingkungan sosial anak-anak perempuan ini, sebanyak 89 persen responden perempuan yang terlibat dalam penelitian menyarankan agar para orangtua lebih memperhatikan pergaulan anak-anak perempuan mereka. Apabila mereka ingin coba-coba merias wajah, maka dampingilah sembari berbagi pengertian mengenai bahaya make-up pada kulit mereka yang masih dalam usia pertumbuhan.

Menurut para responden perempuan, usia anak yang dirasa pantas untuk dikenalkan dengan alas bedak adalah saat mereka menginjak 14 tahun. Pada saat mereka 13,5 tahun, ibu boleh mulai mengajarkan cara mengenakan riasan mata dengan gaya natural. Kemudian, sewaktu anak mencapai usia 12 tahun, mereka dinilai sudah memerlukan lipgloss untuk menjaga kelembaban kulit bibir.

“Sejumlah ibu dan para perempuan berusia matang lainnya merasa khawatir akan perkembangan anak-anak perempuan zaman sekarang yang pesat, mereka begitu terobsesi pada tampilan fisik,” ujar Emma Leslie dari Escentual. “Bahkan lebih dari 62,6 persen responden perempuan merasa mengenalkan rias wajah pada anak di usia dini memiliki risiko yang tinggi.”

Memperkenalkan anak perempuan akan perawatan tubuh dan cara merias wajah memang penting dan bisa menjadi momen ibu dan anak yang menyenangkan. Namun, bukan berarti Anda jadi memotivasi mereka untuk berkonsentrasi menjaga penampilan dibandingkan mengejar nilai yang baik di sekolah. (t/r9/h)
T#gs
LebaranDPRDTebing
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments