Rabu, 03 Jun 2020
PDIPSergai Lebaran

Lezat Kari dari Negeri Matahari Terbit

Minggu, 25 Mei 2014 23:39 WIB
Jakarta (SIB)- Curry adalah makanan asal Asia Selatan seperti India dan Pakistan. Makanan yang populer dengan sebutan kari itu eksotik karena pengolahan bumbu dari rempah-rempah seperti kunyit, jintan dan ketumbar. Tetapi, kari pun ada di Jepang.

Di negeri matahari terbit itu, ada rumah kari yang dinamakan Coco Ichibanya. Didirikan di Nagoya tahun 1978 tapi hingga kini sudah punya 1.300 outlet di dunia bahkan sudah masuk ke Indonesia.

Meski sensasi rasa beda, namun kari ini digemari di Tanah Air. Tengoklah di lantai 3, Grand Indonesia. Menampilkan interior yang santai dan bernuansa kayu, bersantap di Coco Ichibanya sangatlah menyenangkan.

Ada beberapa menu yang wajib dicoba adalah sebagai berikut: Chicken Cutlet Curry, Chicken Cutlet Omelette Curry, Creamed Mushroom Omelette Curry, Fried Chicken Omelette Curry,  Creamed Croquette, Beef Hamburger Curry, dan Lightly Crisped Chicken Curry.

Yang menarik dari bersantap di Coco Ichibanya adalah fleksibilitas menu bersantap untuk disesuaikan dengan keinginan kita. Contohnya jika kita tidak terlalu kenyang, kita bisa meminta petugasnya untuk mengurangi takaran nasinya.  Atau sebaliknya apabila ingin porsi nasi yang lebih banyak dari standarnya pun bisa diminta. Begitu juga dengan kepedasan kari yang terbagi dalam berbagai level.

Ada juga kari khas Go!Curry di Cilandak Town Square yang memberi pilihan nasi dari proses memasak nasi seperti nasi putih biasa, nasi mentega, mengganti nasi dengan naan, atau nasi kuning.

Ada pula kari di Go!Go! Curry berlokasi di Ciputra Mal dan Citywalk Jakarta. Sama halnya dengan kari dalam hidangan Curry House 38 dalam kompleks pujasera Food Kulture, lantai 5 Plaza Indonesia Extension.

Sama seperti kari yang dikenal luas di Indonesia, kari di Curry House 38 memiliki level kepedasan. Sebagai tambahan dari nasi kari, kita bisa memilih temannya mulai dari chicken katsu, ebi fry, hamburg, menchi katsu, curry korokke, hingga karage.

Yang membedakan menu kari Jepang di lokasi ini adalah kekentalan dan kegelapan warna saus curry. Saus Curry House 38 ini terlihat lebih kental dan gelap.

Kari di Sushi Tei memiliki campuran sausnya yang juga mencampurkan potongan kentang dan wortel sehingga memberi tambahan rasa lainnya selain tajamnya kari.

Ada pula kari buatan dalam hidangan Tokyo Belly di lantai 3A Grand Indonesia Shopping Town yang menawarkan campuran lain seperti Seafood Curry Rice. Menikmati Curry pun akan semakin mantap dengan campuran udang, cumi, tiram dan kerang hijau. Sebagai penikmatnya, kari di Tokyo Belly  disandingkan dengan minuman beralkohol seperti sake klasik atau sake cocktails. Bagi yang tidak suka minuman beralkohol ada juga pilihan mulai dari mocktails hingga smoothies.

Abraresto.Com dan ViVa.Co.Id, Jumat, (23/5), mewartakan makan kari istimewa itu semua lezat karena unsur kebiasaan.
Resep Nasi Kari Jepang.

Bahan: 300 gr daging sapi, potong-potong, 600 gr bawang bombay, potong-potong, 120 gr wortel, 400 gr kentang, 200 gr Curry Roux, siap pakai (dijual di supermarket dalam bentuk blok bumbu padat), 1,200 ml Air atau kaldu, 30 ml Minyak sayur, 30 gr mentega.

Cara Membuat: Daging dan sayuran ditumis menggunakan minyak dan mentega. Tumis bawang bombay hingga berubah layu dan kecokelatan. Masukkan air atau kaldu hingga mendidih.     Besarkan api, masak hingga sayuran empuk. Angkat.     Tambahkan Curry Roux, aduk hingga lumer. Masak dengan api kecil selama 10-15 menit sambil aduk-aduk hingga kental.

Sajikan panas di atas nasi hangat. Dapat pula dimodifikasi dengan mengganti daging sapi dengan chiken katsu atau potongan daging ayam dan seafood. (T/R9/ r)
T#gs
LebaranDPRDTebing
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments