Rabu, 19 Jun 2019
  • Home
  • Sinar Wanita
  • Kebiasaan Pakai Tas yang Bisa Berakibat Sakit Punggung hingga Kepala

Kebiasaan Pakai Tas yang Bisa Berakibat Sakit Punggung hingga Kepala

admin Minggu, 26 Mei 2019 14:13 WIB
Ilustrasi
Tidak sedikit wanita memilih tas besar untuk menyimpan berbagai peralatan seperti gadget, kosmetik, dompet, syal, atau benda lain yang sebenarnya tidak terlalu penting untuk dibawa-bawa. Banyak pula wanita tak menyadari kalau tas yang mereka bawa terlalu berat atau melebihi kapasitas.

Padahal, membawa tas yang beratnya lebih dari 10 persen bobot tubuh bisa menyebabkan poshitis, yakni kondisi otot yang menjadi rusak serta nyeri bahu berkepanjangan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Halo terhadap 1.500 wanita, 1 dari 10 orang bepergian lebih dari 15 jam sehari.

Sedikitnya 20 persen responden menanggung beban tas sekitar 10 - 15 kg, dan 60 persen mengatakan sering sakit otot, punggung, serta nyeri bahu karena membawa tas terlalu besar. Sebagian besar responden menuturkan, beban tas jadi berat karena mereka membawa kosmetik, gadget, parfum, deodoran, dry shampoo juga charger.

Mengingat bahaya jangka panjang karena memakai tas terlalu berat dan besar, ada tiga kesalahan yang harus kamu hindari, seperti dikutip dari Everyday Health yang dilansir Wolipop.

1. Membawa Tas Berat Hanya di Satu Sisi Bahu
Berdasarkan American Chiropractic Association, idealnya berat bawaan tas tidak boleh melebihi dari 10 persen bobot tubuh pembawanya. Terlebih lagi jika kamu memakai tas hanya di satu sisi bahu. Kebiasaan ini menurut ahli tulang Karen Erickson, DC, bisa menyebabkan sakit punggung bahkan sakit kepala.

"Orang-orang mengira mereka punya migrain tapi (bisa jadi) itu karena (kebiasaan membawa) tas yang buruk," kata Karen.
Tekanan terlalu berat pada otot bahu bisa menjalar ke bagian belakang leher dan akhirnya ke tengkorak. Akibatnya, terjadi ketegangan otot dan timbullah sakit kepala. Karen menyarankan agar kamu memindahkan tas dari bahu yang satu ke bahu lain setiap 10 menit sekali agar beban di tiap bahu seimbang.

2. Pakai Tas dengan Tali Tipis
Tas bertali tipis, terutama jika dipakai untuk menyimpan banyak barang bisa 'melukai' otot bahu dan mengakibatkan nyeri. Terlebih lagi jika kamu memakai tali berbahan metal. Sebaiknya pilih tas dengan tali lebar supaya beban bisa terdistribusi lebih baik.

"Saranku jika kamu pergi seharian membawa tas, dan bahumu terasa sakit, pindahkan tas ke depan dan peluk seperti menggendong bayi, jadi kamu bisa mengistirahatkan bahu sebentar," ujar Karen.

3. Pakai Backpack Terlalu Rendah
Kalau ingin bepergian membawa backpack atau tas ransel, pakailah dengan benar. Artinya, tidak mengatur tali tas terlalu ke bawah, karena bisa membuat beban terasa lebih berat. Idealnya, backpack harus berada di atas tulang pinggang. (R17/c)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments