Kamis, 21 Nov 2019
  • Home
  • Sinar Wanita
  • Es Pahat Unik dan Rupa-rupa Makanan Penutup dari Negeri Sakura

Es Pahat Unik dan Rupa-rupa Makanan Penutup dari Negeri Sakura

Minggu, 11 Mei 2014 23:22 WIB
Tokyo (SIB)- Makanan di Jepang enak dan unik. Untuk mencicipinya, tak usah pilih-pilih. Ambil saja satu bentuk, makan, hmm... lezat tapi jangan tanya soal harga.

Salah satu jenis untuk hidangan penutup, di negeri sakura ini, terbuat dari es dengan rupa-rupa bentuk. Tengoklah es pahat di Jepang. Di kota Okinawa, terdapat sebuah restoran soba atau mi Jepang yang menjual es serut unik yang dipahat hingga membentuk bentuk-bentuk menarik.

Dinamakan Yonehachi Soba, restoran tersebut menjual es serut sebagai hidangan pendamping saat menyantap soba. Es serut dihidangkan dalam sebuah mangkuk dengan tambahan sirup warna-warni, kacang hingga es krim vanila. Namun, serutan es dipahat menjadi berbentuk burung elang lengkap dengan bulu dan sayapnya.

Kreasi ini membuat banyak pelanggan merasa sayang untuk menyantap es serut yang mereka pesan. Bahkan banyak dari mereka yang tidak ingin es tersebut meleleh karena bentuknya yang unik.

RocketNews24 dan ViVa.Co.Id, Jumat, (9/5), melaporkan ada juga rupa-rupa es:

Es Krim Natto
Bagi banyak wisatawan asing, hidangan tradisional Jepang bernama natto ini merupakan hidangan yang menjijikkan. Terbuat dari kacang kedelai fermentasi, natto adalah hidangan berbau busuk dengan tampilan yang tak mengundang selera makan karena kacang mengeluarkan lendir yang lengket. Jika secara tradisional natto biasa disantap bersama nasi panas atau ramen, saat ini natto juga banyak digunakan sebagai topping saat menyantap es krim.

Spaghetti
Spaghetti merupakan salah satu jenis pasta khas Italia yang biasa disantap bersama saus tomat, daging dan keju. Tapi, di Jepang spaghetti dijadikan hidangan penutup manis. Sebuah kedai teh di Nagoya membuat spaghetti menggunakan adonan tepung yang dikombinasikan dengan bubuk teh hijau. Mereka pun menyajikannya bersama dengan krim kocok dan buah-buahan layaknya es krim.

Es Krim Gyoza
Di Jepang, gyoza adalah salah satu panganan yang populer. Gyoza hampir mirip dengan dim sum dimana daging atau sayuran dibungkus adonan yang terbuat dari tepung beras. Gyoza bisa dimasak dengan cara dikukus maupun digoreng dan dinikmati bersama saus kecap asin. Tetapi belum lama ini di Jepang hadir hidangan penutup yang terdiri dari beberapa potong gyoza isi daging yang disajikan dengan berbagai varian rasa es krim.

Es Krim Goreng
Seperti halnya di Indonesia, Jepang juga memiliki sederet penganan yang dimasak dengan cara digoreng dengan balutan tepung. Goreng-gorengan berupa ikan dan ayam goreng tepung itu kini dijadikan sebagai topping es krim yang nyatanya banyak disukai warga lokal. Mereka menganggap kombinasi tekstur dan rasa asin juga manis sangat berpadu sempurna di lidah.

Sorbet Sashimi
Yang satu ini disajikan oleh sebuah restoran sushi di Jepang. Mereka menawarkan hidangan penutup berupa sorbet, es krim khas Italia dari buah-buahan yang dibuat tanpa susu dan disajikan dengan sashimi atau ikan mentah. Sorbet yang dipilih merupakan sorbet rasa jeruk sedangkan toppingnya adalah sashimi ikan tuna. (t/r9/c)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments