Rabu, 08 Jul 2020
PalasBappeda
  • Home
  • Sinar Wanita
  • Ahli Sebut Pakai Masker Terlalu Lama Bisa Bikin Kulit Mudah Jerawatan

Ahli Sebut Pakai Masker Terlalu Lama Bisa Bikin Kulit Mudah Jerawatan

Minggu, 08 Maret 2020 20:47 WIB
wolipop.detik.com

Ilustrasi

Masih banyak orang percaya memakai masker bisa mencegah tertular virus Corona. Padahal pemerintah maupun pakar kesehatan menyatakan bahwa masker lebih disarankan dikenakan oleh orang sakit, pekerja medis atau mereka yang merawat anggota keluarga yang sedang sakit.

Sementara bagi mereka yang sedang dalam kondisi fit atau sehat-sehat saja, diimbau tidak perlu memakai masker. Selain masker tidak terlalu efektif mencegah penularan penyakit COVID-19 yang disebabkan virus Corona, terlalu lama menggunakan masker justru bisa menimbulkan masalah baru, yakni penyakit kulit.

Seorang dokter di China memperingatkan dampak buruk dari memakai masker terus-menerus terhadap kulit, mulai dari kulit yang jadi lebih sensitif hingga rentan berjerawat. Dokter Zhou Ke Jia dari Paragon Medical Center menjelaskan, jerawat bisa muncul di area kulit yang tertutupi masker seperti dagu, hidung atau pipi bagian bawah.

Saat memakai masker tentunya udara yang kita hirup dan keluarkan saat bernapas tidak tersikulasi secara maksimal. Hal itu membuat temperatur dan kelembapan di area kulit yang ditutupi masker meningkat. Akibatnya jadi menciptakan lingkungan ideal bagi bakteri untuk tumbuh.

"Hal ini menyebabkan kulit jadi lebih sensitif dan (pori-pori) mudah tersumbat," kata Zhou, seperti dikutip dari Asia One.
Selain itu memakai masker terlalu lama juga bisa meninggalkan bekas pada kulit, yang membuat kulit jadi lebih rentan lecet, dan peredaran darah tak lancar. Maka disarankan agar jangan terus-menerus memakai masker terlebih lagi jika kondisi tubuh sedang sehat dan tidak terlalu memerlukannya.

Cara yang saat ini masih paling efektif untuk mencegah penularan virus Corona adalah dengan cuci tangan memakai air dan sabun. Bisa juga menggunakan hand sanitizer jika tidak tersedia air serta sabun.

Bersihkan tangan setiap kali menyentuh benda di tempat umum, habis bepergian atau memegang handphone. Cukupi kebutuhan vitamin, makan makanan bernutrisi dan minum banyak air putih agar tak mudah terkena penyakit COVID-19 yang disebabkan virus Corona. (Wolipop/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments