Jumat, 29 Mei 2020
PDIPSergai Lebaran

7 Tips "Sukses" Bekerja dari Rumah untuk Para Ibu

Minggu, 05 April 2020 21:24 WIB
SHUTTERSTOCK

Foto: Ilustrasi

Di saat kantor, sekolah, sebagian besar toko dan pusat perbelanjaan ditutup, secara alami kita menyesuaikan perubahan dalam hidup selama beberapa minggu mendatang.
Transisi cara kerja yang baru dan terlalu tiba-tiba bisa jadi terasa sulit, terutama bagi para ibu.
Bekerja dengan anak-anak di sekitar bisa menjadi mimpi buruk.

Misalnya, saat anak-anak menuntut perhatian sepanjang waktu dan menjadi orangtua saat melakukan rapat atau panggilan konferensi bisa sangat melelahkan.
Nah, dalam artikel ini diuraikan beberapa tips efektif yang akan membantu membuat para ibu bekerja lebih produktif di rumah, sekaligus menyenangkan.

Pertahankan Rutinitas
Setelah membangunkan anak-anak dan menyiapkan segala sesuatu untuk mereka, ibu harus mengurus pendidikan mereka di rumah. Hal ini perlu dilakukan agar anak-anak tak tertinggal di sisi akademis.
Mulailah bekerja pada waktu yang sama setiap hari dan kenakan apa yang membuat diri merasa sempurna dan confident.
Bekerja dari rumah memiliki fasilitasnya sendiri. Sebagai contoh, jika anak sibuk selama jam kerja, kita dapat beristirahat, dan lanjut bekerja ketika anak sudah tenang.

Ciptakan Ruang Kerja yang Nyaman
Hanya karena kita tidak bekerja di kantor, bukan berarti kita tidak bisa memiliki ruang kantor di rumah. Jangan memilih tempat yang biasa kita gunakan untuk bersantai seperti sofa.
Sebaliknya, ciptakan ruang teratur yang akan membantu meningkatkan perhatian, energi dan bahkan rasa percaya diri. Juga, menjauhkan diri dari anak-anak yang memengaruhi pekerjaan.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menciptakan ruang kerja adalah kursi yang nyaman dan memiliki penopang punggung.
Sesuaikan kursi untuk menopang punggung dengan bantal kecil demi menghindari sakit punggung parah setelah bekerja dalam jangka waktu lama.
Studi menunjukkan, menjaga ruang kerja bersih dan rapi dapat membantu memotivasi semangat kerja.

Tetapkan Batas
Pakar perawatan anak menyebut, sangat penting membuat batasan dengan anak ketika bekerja dari jarak jauh.
Dalam skenario saat ini, ibu dapat membiarkan anak-anak menghabiskan waktu melakukan hal-hal yang mereka sukai, seperti melukis atau membaca agar mereka tetap sibuk.
Namun, ibu juga perlu menjelaskan kepada anak-anak hal seperti ini tidak akan menjadi rutinitas. Ibu juga harus memberi tahu anak kapan perlu berada dalam mode "tak dapat diganggu," sehingga mereka akan memberi waktu untuk menyelesaikan pekerjaan kantor.

Buat Anak Tetap Terhibur
Siapkan beberapa mainan, buku, atau kegiatan yang disukai anak. Ini akan membantu menjaga mereka tetap terlibat sambil meningkatkan keterampilan mereka dan memungkinkan ibu fokus dalam pekerjaan kantor.
Ibu pun dapat menciptakan pusat kegiatan di rumah sehingga anak-anak merasa seolah-olah mereka memiliki tempat khusus untuk melakukan sesuatu saat kita sedang bekerja.

Istirahat
Penting bagi ibu untuk beristirahat di sela-sela pekerjaan.
Studi menunjukkan 90 persen responden merasa istirahat makan siang membantu mereka segar dan siap untuk kembali bekerja.
Istirahat sangat penting saat bekerja di rumah, terutama bagi ibu yang memiliki anak.

Beristirahatlah setidaknya 10 menit untuk berbicara dengan anak, mengecek kondisi anak atau hanya berjalan-jalan.
Saat meluangkan waktu untuk beristirahat, biarkan rekan kerja lain tahu, karena itu menunjukkan dedikasi dalam pekerjaan.
Selain itu, menjadi bukti bekerja dari jarak jauh sebagai seorang ibu tidak memengaruhi produktivitas kerja.

Berganti Shift dengan Pasangan
Jika ibu berada dalam posisi di mana suami pun bekerja dari rumah, maka saling berganti shift dengan pasangan bisa menjadi pilihan yang bagus.
Ini dapat membuat bekerja dari jarak jauh lebih mudah dan produktif.

Seimbang Antara Pekerjaan dan Tugas Ibu
Sebagai seorang ibu, ketika bekerja dari rumah, penting untuk menjaga kehidupan pribadi dan profesional satu sama lain.
Biarkan stres dan ide-ide tentang pekerjaan tetap berada dalam jam kerja dan sebaliknya.
Jangan melebihi jam kerja, dan tahu kapan harus istirahat. Agar tidak terbawa suasana rumah, membuat area kantor sendiri adalah solusi efektif yang paling mudah. (Kps/q)
T#gs
LebaranDPRDTebing
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments