Jumat, 29 Mei 2020
PDIPSergai Lebaran

CURHAT

Waktuku

curhat Ayu Fadri Azhari - SMAN 2 Rantau Selatan
redaksisib Minggu, 19 Januari 2020 18:44 WIB
beritaagar
Ilustrasi
Libur akhir semester, aku dan mama-papa kembali ke Aceh. Abang gak bisa ikut karena masih kuliah. Ada tugas yang harus diselesaikan.
Papa semula berat hati berangkat karena ingin menemani abang tapi aku ngotot. Nggak enak sama mama. Orangnya irit. Mau beli ini-itu, pakai hitung-hitungan. Otaknya seperti kalkulator yang begitu cepat menghitung.
Kalau papa beda. Jika aku ingin sesuatu, langsung saja dikabulkannya. Mama selalu komplain. Alasannya, jangan dimanjakan karena tak mengajarkan mandiri. Aku sih diam saja tapi hatiku ngedumel. Dasar pelit.
Keberangkatan kali ini, aku sudah antisipasi. Beberapa hari sebelumnya, aku sudah belanja camilan. Mulai keripik hingga kacang plus minuman segar. Mama tahu dan menyambut dengan repetan.
Katanya, lebih banyak makanan ketimbang tas untuk baju. Pakai ngancam. Jika aku tidak menghabiskan makanan, aku disanksi tak diberi uang jajan selama liburan. Aduuuh... si irit inilah. Untuk papa membela. Ia ikut memakan.
Di kampung halaman memang sangat enak. Kembali ke masa kecil. Bermain dengan kawan-kawan yang sudah remaja.
Hari terakhir hendak pulang ke Rantauprapat, hatiku berasa berat pisah dengan rekan-rekan. Rasanya libur dua pekan terlalu cepat.
Jika tak menghadapi ujian, aku memilih bolos beberapa hari. Tapi sudah tak dapat ditawar. Apalagi Papa pun tak bisa mangkir. Cutinya sudah habis dan harus kerja.
Rasa manjaku kembali seperti masa lalu. Ketika masih kecil. Semua keperluan untuk pulang, papa yang mengurus. Sambil melipat baju, aku gelantungan di tubuhnya.
Papa pun tak malu menciumku. Kumisnya itu mengena. Ah, geli-geli sakit. Mencucuk pipiku. Kutarik sampai papa kesakitan.
Di jalan, ia mampir ke toko fashion. Membelikan baju putih. Lengkap dengan sarung tangan. Ia kemudian membawa raun-raun. Sampai aku tertidur.
Begitu terbangun, aku terbaring di rumah sakit. Tanganku dibebat. Dokter bilang aku baru selesai bedah patah tulang. (q)
T#gs
LebaranDPRDTebing
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments