Sabtu, 06 Jun 2020
PDIPSergai Lebaran

Remaja 13 Tahun Temukan Helm Berpendingin Antigeger Otak

Minggu, 16 Maret 2014 22:05 WIB
Surabaya (SIB)- Tahun 2012, Linus Nara Pradhana — kala itu berusia 13 tahun dan siswa kelas II SMP Petra, Surabaya — menciptakan Gel Coated Helmet. Prestasinya mendatangkan medali emas pada Internasional Exhibition for Young Inventors yang diadakan di Thailand. Selain anugerah tertinggi, Nara meraih Special Award atas karya inovatinya yaitu helm berpendingin.

Kini, tahun 2014. siswa yang gemar dengan rambut pendek itu mengembangkan temuannya sebagai helm antigeger otak.  Hasratnya tersebut dimaksdukan untuk mengurangi korban bila terjadi kecelakaan fatal. Sama seperti prestasinya terdahulu, Nara mendapatkan fasilitas dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk mewujudkan karya tersebut.

Sejak usia delapan tahun,  Nara menyenangi dunia penelitian. Prestasi Nara itu mengungguli 261 peserta lain dari seluruh penjuru dunia.

Nara awalnya menciptakan helm bertempurung yang diisi air. Karena cepat menguap, helm ini lalu disempurnakan dengan menggunakan gel sodium polyacrylate (dapat ditemukan dalam popok bayi) yang diletakkan di atas tempurung helm dan dapat menampung air berkapasitas 100 mililiter. Dengan kandungan air itu, helm berpendingin ini dapat menurunkan suhu di dalam helm hingga 21 persen. Hasil kerja keras ini pun akhirnya dipatenkan dan membuat produsen helm, PT Sentral Bahana Ekatama (SBE), tertarik memproduksinya secara massal.

Ide-ide ”nyeleneh” Nara justru berawal dari hal sederhana. Saat menciptakan helm berpendingin, misalnya, gagasan Nara itu muncul karena dia merasa iba terhadap ayahnya yang kerap kepanasan saat mengendarai sepeda motor pada siang hari. Dengan bantuan sang ayah, Gunawan Siswoyo, Nara kemudian mencari tahu formula yang cocok dan mencobanya berulang-ulang hingga akhirnya berhasil menemukan helm berpendingin dengan bahan gel sodium polyacrylate tersebut.

Gunawan berperan cukup besar di balik berbagai penemuan Nara. Hampir 30 tahun Gunawan menjadi guru mata pelajaran karya ilmiah sekaligus elektro di SMP Kristen Petra 3. ”Ide awal selalu dari Nara. Saya hanya membantu mengarahkan untuk mewujudkan ide-idenya itu,” ucap Gunawan seperti disiarkan Kompas.Com.

(t/r9/c)

T#gs Remaja
LebaranDPRDTebing
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments