Minggu, 22 Sep 2019
  • Home
  • Sinar Remaja
  • Ragam Prestasi SMA St Thomas 1 Medan, Sosialisasi Moral dari Mental Jawara

Ragam Prestasi SMA St Thomas 1 Medan, Sosialisasi Moral dari Mental Jawara

Minggu, 19 Januari 2014 18:09 WIB
SIB/Dok
Siswa SMA St Thomas 1 Medan berintikan St Cronicle Choir menjadi tamu utama dalam perayaan Natal yang dipusatkan di Lembaga Pemasyarakatan Kls 1 Medan
Medan (SIB)- Menutup tahun  2013, siswa SMA St Thomas 1 Medan mencatatkan sejumlah prestasi di ragam bidang. “Seperti ditekankan Kepala Sekolah SMA Katolik St Thomas 1 Medan Fr Antonius B Ditubun CMM, prestasi yang diperoleh membahagiakan tapi akan lebih membanggakan jika disertai moral istimewa dalam sosialisasi kehidupan bermasyarakat,” ujar Wakil Kepala Sekolah 2 Drs Sabar Sitohang, Jumat, (17/1) didampingi guru Bahasa Indonesia Drs Maniur Sirumapea MSi.    

Guru Sosiologi yang mantan anggota legislatif itu mengatakan nilai saling menghargai, menghormati sesama, menghindari tindak kekerasan, hidup jujur dan berlaku adil adalah bagian dari sosialisasi moral.

“Di luar kelas, mereka menyaksikan peristiwa perendahan martabat manusia, tawuran antar rekan pelajar, pemuda mengejek pemudi yang sedang lewat, tindak kekerasan oleh preman, oknum penguasa, korupsi di depan umum.

Semua itu harus dimusnahkan melalui pengenalan, pemahaman dan pendidikan moral agama yang menjadi prioritas utama di sekolah,” tandas Sabar Sitohang sambil mengatakan kontradiksi dan disintegrasi antara pendidikan nilai moral di ruang sekolah  dan masyarakat seperti itu harus dilenyapkan.

“Yang paling utama adalah penanaman nilai moral dalam dunia pendidikan formal yakni di sekolah sebagai bagian dari transformasi nilai-nilai moral!”
Ejawantah dari upaya itu, ujar Sabar Sitohang, dalam setiap momen khususnya hari penting, seluruh siswa dibawa sosialisasi untuk meraih yang terbaik dalam ukuran kualitas tapi tetap berpegang teguh pada moral.

Sejumlah prestasi yang dicatat siswa SMA St Thomas 1 Medan adalah juara di 2nd Bali International Choir Festival dengan pembina Dra Ursula Rajagukguk, juara paduan suara Medan dengan pembina Linjan Silalahi SPd, masuk dalam Kelompok 10 Besar Olimpiade Sain dengan pembina Dra Margareth MSi dan juara umum Olimpiade Sain Methodist.

Menyusul itu juara 2 Accounting Kompetition Trisakti School Management Jakarta. Meraih sejumlah predikat terbaik dalam kompetisi pidato bahasa Inggris di Medan dan di bidang seni, Chelsea masuk 20 besar Indonesian Idol 2014. (R9/ r)




T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments