Minggu, 22 Sep 2019
  • Home
  • Sinar Remaja
  • Kreativitas Pemahaman Milenial pada Digital Masih Dapat Dimaksimalkan

Kreativitas Pemahaman Milenial pada Digital Masih Dapat Dimaksimalkan

admin Minggu, 14 Juli 2019 17:45 WIB
SIB/Dok
LITERASI DIGITAL: Nara sumber #KelasLiterasiDigital Sisternet di Medan, Sabtu (13/7) yakni founder Rumah UIS Averiana Barus dan founder Belantara Budaya Indonesia Diah Kusumawardani bersama Astri Mertiana dari Sisternet dalam literasi digital.
Medan (SIB) -Masuk dalam Revolusi Industri 4.0, segala kreativitas beradu dalam 'kompetisi' global. Gatged sebagai media masuk ke pusaran global. Tetapi piranti canggih tersebut tak semata memosisikan pribadi sebagai penonton. Smartphone dapat dimaksimalkan menjadi sumber kehidupan dalam artis seluas-luasnya.

Penegasan itu disampaikan President XL Axiata West Region Francky Rinaldo Pakpahan diwakili Astri Mertiana ketika membuka #KelasLiterasiDigital Sisternet yang diadakan terbuka, Sabtu (13/7) di Plaza Medan Fair. "Alasan XL Axiata fokus pada kaum perempuan, karena kreativitas pemahaman milenial pada digital khususnya perempuan dasih dapat dimaksimalkan. "XL Axiata sangat ingin lahir kaum milenial yang memenangi persaingan di era global. XL Axiata ada program kelanjutan dalam melahirkan pimpinan teruji dan berintegritas seperti XL Future Leaders, Program Madrasah Aliyah 4.0, aplikasi Laut Nusantara dan Donasi Pulsa untuk mendukung pendidikan di wilayah terluar Tanah Air," tegas pria peraih Satyalancana Pembangunan atas Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 61/TK/2018 tersebut.

Francky Pakpahan mengatakan, #KelasLiterasiDigital Sisternet memang khusus untuk perempuan tapi siapapun yang ingin maju dan berguna serta cerdas dalam mengguakan gatged, dipersilakan mengikuti dan menyerap ilmu berdasarkan pengalaman Averiana Barus dan Diah Kusumawardani. "Kiranya kegiatan menjadi virus positif dan menambah kecerdasan," tambahnya didampingi Aldi Desmet.

Di kesempatan itu, dua perempuan menginspirasi publik yakni Founder Rumah UIS Averiana Barus dan Founder Belantara Budaya Indonesia Diah Kusumawardani. Keduanya memaksimalkan digital untuk hampir seluruh aktivitas keseharian. Melalui gadget bahkan menjadi sumber penguatan ekonomi.

Averiana Barus dalam paparannya mengatakan, seorang perempuan harus melek digital dan mampu memanfaatkan pengaruh positif dari perkembangan digital tersebut. "Perempuan aktif dewasa ini harus benar-benar smart. Cantik, adalah parameter prioritas yakni cantik luar dalam. Di era digital harus cerdas dengan gadget," tambah mantan wartawan yang berulang kali mendapat anugerah inspirator Indonesia tersebut.

Artis genre etnik itu mengaku, melalui gadget sekarang merambah ke industri kreatif. Itulah yang disematkan padanya sebagai pendiri rumah uis. "Uis itu adalah sesuatu yang sakral dalam kebudayaan Karo, tapi menjadi semakin berharga bila masyarakat luas tahu uis adalah warisan leluhur. Untuk kehidupan modern, dimodifikasi dengan industri konveksi lainnya hingga menjadi satu warisan yang lebih istimewa," papar Averina Barus.

#KelasLiterasiDigital Sisternet tersebut diikuti kaum pria yang terlibat dalam pertanyaan kritis.

Sehari sebelumnya, pengurus PAPPRI Sumut Drs Ridwan Manurung SH MSi mengatakan, gadget di lingkungan kaum milenial memang harus menjadi piranti berguna positif. "Dari ragam kasus penyalahgunaan Narkoba, gadget selalu menjadi media. Artinya kaum milenial tidak memaksimalkan smartphone untuk hal positif," tambahnya di jeda Rapat Koordinasi tentang Pengendalian Rencana Aksi Nasional Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba di Sumatera Utara, Kamis (11/7), di Mapolda SU.

Didampingi sejumlah pejabat BNN termasuk Tuangkus Harianja dari BNNP Sumut, Ridwan Manurung mengatakan, selain upaya dengan penegakan hukum, penekanan peredaran gelap zak adiktif itu harus ditumbuhkan dengan kesadaran pribadi. "Kaum milenial kan cenderung tak terpisahkan dari smartphone. Melalui gadget ditumbuhkan kesadaran tersebut. Jika kesadaran ada, maka upaya pencegahan semakin mudah dan berhasil maksimal," tutup pejabat di Pemprovsu yang rutin mengadakan penyuluhan dan generasi muda tersebut. (T/R9/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments