Sabtu, 06 Jun 2020
PDIPSergai Lebaran
  • Home
  • Sinar Remaja
  • Jen Gates, Anak Orang Terkaya di Dunia Tak Diberi Uang Jajan untuk Sekolah

Jen Gates, Anak Orang Terkaya di Dunia Tak Diberi Uang Jajan untuk Sekolah

Minggu, 23 Maret 2014 21:40 WIB
Jennifer Katharine Gates
Vancouver (SIB)- Jennifer Katharine Gates bukan anak orang sembarangan. Orangtuanya, Bill Gates, tercatat sebagai manusia terkaya di dunia. Harta orangtuanya 76 miliar dolar AS Rp866,4 triliun. Meski demikian, perempuan kelahiran 1996 tidak diberi jajan bila ke sekolah atau kegiatan lainnya. Bilapun dibekali uang, seadanya. Sama seperti orangtuanya, Jen punya perhatian tinggi pada komputer.

Dalam satu konferensi di Vancouver, pemilik Microsoft itu menegaskan tak akan mewariskan kekayaannya kepada anak-anaknya. Dalam sebuah konferensi di Vancouver, Kanada, Gates telah sepakat dengan istrinya mendorong tiga anaknya menempuh jalan sendiri dengan tak mengandalkan pada kekayaan mereka.

Gates mengatakan mereka telah membekali hidup dua anak perempuan dan seorang laki-laki dengan pendidikan yang baik. Dengan begitu, kata dia, mereka dapat belajar bagaimana mengandalkan kemampuan mereka sendiri ketimbang sokongan dari orangtua.

Pernyataan Gates itu menjawab pertanyaan penyelenggara konferensi, Chris Anderson. Chris mengatakan, "Akan sangat mudah bagi Anda untuk membuat mereka menjadi miliarder juga." Seperti ditulis Wired, Gates dengan cepat menjawab, "Mereka justru tak menghendaki demikian. Mereka perlu merasakan bahwa pekerjaan mereka sendiri berarti dan penting."

Menurut Gates, membiarkan anak berkreasi dan memiliki dunia sendiri jauh lebih penting. "Anda hanya perlu memastikan bahwa mereka menyadari kemampuan sendiri dan pergi serta melakukan apa yang mereka inginkan," kata pendiri Microsoft ini.

Menurut Gates, keseimbangan dalam hidup adalah nomor satu. "Mereka memiliki kebebasan untuk melakukan apa pun yang mereka inginkan. Namun tidak semacam karena banyak uang maka kami menghujaninya dengan lembaran dolar dan mereka bebas berfoya-foya," katanya.

Ia menyatakan telah memberi tahu anak-anaknya dan mendapatkan persetujuan mereka bahwa sebagian besar hartanya ditujukan bagi organisasi amal milik keluarga, Gates Foundation. Organisasi ini mengkhususkan dalam bidang kesehatan dan pengentasan kemiskinan.

Gates menambahkan bahwa dia dan istrinya telah mengatakan kepada anak-anak mereka bahwa sebagian besar keberuntungan akan ditinggalkan untuk organisasi amal itu, yang menangani kesehatan buruk dan kemiskinan.

Melinda Gates dalam acara itu menyatakan baru-baru ini dirinya melakukan perjalanan ke Tanzania bersama putri sulungnya, Jen. Di sana mereka tak tinggal di hotel tapi di sebuah desa selama kunjungan itu untuk lebih memahami hambatan perempuan memperoleh pendidikan di negeri Afrika timur itu.
Gates dan Melinda menambahkan bahwa gaya pengasuhan terhadap anak-anak mereka terinspirasi oleh seorang filantropis Warren Buffett, terutama pendekatan terhadap anak-anak. Seperti Buffett, lapor Tempo.Co, Jumat (21/3), Gates juga bergabung dengan Giving Pledge, yang berkomitmen mengalihkan kekayaan untuk filantropi.

 (t/r9/f)



T#gs Dunia
LebaranDPRDTebing
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments