Minggu, 22 Sep 2019
  • Home
  • Sinar Remaja
  • Hobi Baca dan Tulis Hantar Annisa van Rizky Jadi Sutradara Cilik

Hobi Baca dan Tulis Hantar Annisa van Rizky Jadi Sutradara Cilik

Minggu, 12 Januari 2014 19:21 WIB
SIB/Dok
Country Head of Corporate and Government Affairs Modelez Indonesia Rhea Sianipar, Marketing Director Mondelez Indonesia Yogesh Anand dan sutradara cilik film 1000 Balon Annisa van Rizky — bersama orangtua dan adik —memegang plakat Rekor Muri.
Medan (SIB)- Film 1.000 Balon sudah dirilis dan beroleh apresiasi penikmatnya. Di Medan, saat diputar terbatas, film yang dikerjakan oleh dan untuk anak-anak itu mendapat perhatian luas.

Film itu sejatinya disutradarai anak-anak tapi dalam penggarapannya, ada 50 keterlibatan penuh sineas cilik dari kalangan pelajar SD maupun SMP dari seluruh Indonesia, termasuk Annisa van Rizky dari Medan.

Nisa masih duduk di SMP Muhammadiyah 03 Medan. “Jadi sutradara, gak nyangka sama sekali. Ikut audisi saja, hanya coba-coba. Dari 6.700 lebih peserta, Nisa terpilih. Syukur alhamdulillah,” ujar perempuan kelahiran Medan, 12 Agusuts 2000, saat road show di Medan, Senin, (6/1).

Film berdurasi 70 menit itu  didukung produsen biskuit nasional, Mondelez Indonesia melalui produk bermerek Biskuat, dihadirkan agar seluruh masyarakat di Indonesia, khususnya mereka yang masih usia di bawah 13 tahun untuk mulai meminati film karya anak dalam negeri.

"Sebelum memproduksi film ini, kami mendapat pelatihan dari sejumlah sineas profesional yang ditunjuk sebagai mentor," ujar Nisa, putri pasangan Yulvando Asril dan Sri Rezeki.

“Beberapa di antaranya, ungkap dia, seperti sutradara ternama Ardy Octaviand, aktris film nasional bernama Jujuk, juru kamera yaitu Agung Dewantoro, penata musik yakni Adrian Martadinata, Trisia Mawarti selaku mentor penata busana, Wencisius sebagai mentor penata artistik, dan Ilya Sigma sebagai penulis naskah.

Selama dalam pelatihan, Nisa mengambil ragam hikmah. Suka duka mengikuti pelatihan itu memang beragam. Yang paling melatih karena tak boleh berinteraksi pada keluarga selama dua pekan, seminggu latihan dan seminggu penggarapan.

***
Kepersetaan Annisa van Rizky dalam film tersebut bermula dari seleksi yang mendaftar program Biskuat Kreasi Semangat. Dalam pada itu, tak ada niat atau harapan menjadi sutradara. “Audisi dilakukan tertutup. Hasil audisi yang mengarahkan calon pesrta menjadi apa,” cerita Nisa.

Keseharian Nisa suka membaca buku komik dan sejenisnya. Dari ragam membaca itu, remaja yang bermukim di Jalan Bunga Raya Komplek Taman Alamanda Indah Blok E No 48 Medan kemudian berkreativitas dengan menulis.

“Menulis apa saja, mulai puisi, cerpen dan cerita panjang. Kawan-kawan yang membaca,” ujar Nisa yang karena terpilih dalam proyek tersebut ingin menekuni dunia sineas.

Dinyatakan lulus melalui online membuat Nisa merasa surprise, apalagi peserta dari kota lain pun dinyatakan lulus dan berhak mengikuti pelatihan di Camp Semangat di Sentul, Jawa Barat.

“Cerita film pun hasil karya anak-anak,” tandas Country Head of Corporate and Government Affairs Modelez Indonesia Rhea Sianipar sambil mengatakan 50 anak yang terpilih — termasuk Nisa —  bukan pelajar biasa mengingat mereka memiliki banyak bakat dan kemampuan mengagumkan.

Penyeleksian sineas cilik berusia 7-13 tahun itu dilakukan melalui audisi di tujuh wilayah seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Palembang, Medan, dan Makassar.

Dari hasil kerja keras anak-anak itu, lanjut dia, kini film 1.000 Balon yang memiliki pesan 1.000 harapan itu berhasil memperoleh pengakuan Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Film Layar Lebar Indonesia buatan anak. "secara nasional ditayangkan di RCTI pada tanggal 18 Januari mendatang pukul 14.30 WIB," kata Rhea Sianipar didampingi Marketing Director Mondelez Indonesia Yogesh Anand.

1000 Balon bercerita tentang 5 bocah yang sedang berlibur di vila di Sentul terlibat dalam petualangan  seru. Petualangan itu dimulai ketika salah satu bocah melepaskan balon permohonan di hutan di belakang vila. Lima sekawan itu kemudian bersinggungan dengan harta karun di dalam hutan tersebut. (T/R9/ r)




T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments