Rabu, 03 Jun 2020
PDIPSergai Lebaran

Gaming dan Medsos Jadi Menu Pilihan di Luar Sekolah

redaksi Minggu, 15 Desember 2019 19:01 WIB
SIB/Dok
Ilustrasi
Jakarta (SIB)
Peneterasi pengguna Internet berdasarkan usia semakin masif. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) merilis, pengguna dunia maya terbanyak ada pada usia 15 - 19 tahun, terbanyak kedua usia 20 - 24 tahun dengan 25,2 persen di antaranya anak berusia 5 - 9 tahun.

Di Indonesia per Mei 2019, pengguna Internet mencapai 171,17 juta. Individu berusia 16 - 24 berselancar di media sosial. Bersamaan dengan itu, main game menjadi menjadi menu pilihan di luar sekolah.

Khusus game, yang menjadi pilihan adalah mobile game. Axis Owsem menggabungkan kuota media sosial (untuk akses aplikasi Instagram, Twitter, Facebook dan TikTok), kuota musik (untuk akses aplikasi JOOX dan Smule) dan yang gaming (untuk akses AoV, Free Fire, Vain Glory, Mobile Legends, Asphalt 9, Modern Combat 5 dan HAGO).

Bersamaan dengan perkembangan selera dalam Internet, gaming bertransformasi ke progaming atau yang kenal sebagai e-Sport. E-sport merupakan suatu istilah untuk kompetisi video games di mana permainan tau games yang dikompetisikan beragam.
Perkembangan kompetisi games yang dilombakan adalah games dengan tipe seperti real time strategy (rts), first person shooter (fps), fighting dan juga multiplayer online battle arena (moba).

e-Sport mulai makin ramai di Tanah Air setelah mewabah di negara luar. Peminat e-Sport semakin lama semakin bertambah karena ragamnya jenis permainan ditambah kemajuan teknologi dan perkembangan dunia games.

Di Indonesia sendiri sudah ada sekolah yang menjadikan e-Sport sebagai program studinya. Axis Owsem memfasilitasi gamers untuk jadi atlet e-Sport atau pro player. Info lengkap di www.axisnet.id/owsem yang mengajak individu melatih kemampuan bermain game online, yang membuka kemungkinan menjadi pro player profesional yang dapat kemungkinan menjadi bagian tim Indonesia bertanding di dunia internasional. (T/R9/c)
T#gs
LebaranDPRDTebing
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments