Kamis, 19 Sep 2019

'Bersatu' dalam Medsos Bukan Cerminan Kesetiakawanan Sosial

admin Minggu, 12 Mei 2019 17:01 WIB
SIB/Dok
FIRMANNYA: Ev James Ganda Sormin SE menyampaikan firmanNya dalam Seminar & KKR Paskah di Hotel Marina Kisaran, Sabtu (4/5).
Kisaran (SIB) -Di era teknologi digital yang dihiasi media sosial (Medsos), 'kebersatuan' begitu gampang tercipta. Ada satu insiden, misalnya, pasangan kasmaran mendapat hukuman dari guru, maka satu dunia maya sahut-sahutan membully menunjukkan kebersatuan. Risakan tersebut tanpa diikuti way out bijak, yang memberi pencerahan.

Demikian perumpamaan yang diutarakan penyampai firmanNya Ev James Ganda Sormin SE dalam Seminar & KKR Paskah di Hotel Marina Kisaran, Sabtu (4/5). Kegiatan tersebut diikuti utusan pemuda lintasdenominasi gereja di Asahan. Menurutnya, 'bersatu' dalam Medsos bukan cerminan kesetiakawanan sosial tapi lebih dekat pada 'penghakiman' karena merasa ikut 'membela' secara membabi-buta.

Ia mengatakan, bersatu yang paling kekal adalah bersekutu denganNya. Dalam kaitan Paskah, Ev James Ganda Sormin mengurai 'kesetiakawanan' paling sosial adalah kematianNya demi dosa manusia dan kasih paling abadi adalah kebangkitanNya.

Penyampai firmanNya mengurai, kenapa Yesus Kristus yang 'dikorbankanNya'? "Karena kematian itu memperdamaikan manusia dengan Sang Pencipta... Allah pun memberi manusia keselamatan dan hidup yang kekal," paparnya sambil merujuk pada nats Yoh.3:16; Ef.2:1516; Kol.1:20; Kol.2:14.

Tentang kebangkitanNya, ujar Ev James Sormin, menjadi bukti bahwa Yesus telah menang atas maut. Bersamaan dengan itu, lanjutnya, pengorbananNya jangan menjadi sia-sia. "Ia mau manusia bersatu denganNya. Bersatu dalam kekekalan, bukan seperti bersatu dalam Medsos yang lebih banyak semunya," ujarnya sambil mengupas isi Efesus 2:4-10 tentang kebangkitanNya.

Ketua LPPD Asahan TR Nainggolan berterima kasih karena kegiatan bermakna kuat menyatukan anak-anak altar gereja dengan Yesus Kristus.

Dalam acara yang sama, Pdt B Manik STh MTh dan Pdt Bremen Girsang MMis menjadi pembicara. Sebelum kegiatan, diadakan perayaan Paskah Oikumene yang menampilkan sejumlah artis rohani seperti Harlen Lumbantobing, dan Okuli Voice Ministry dari Pematangsiantar, PS Anak HKBP Kisaran Kota, PS SMA Methodist dan Gita Immanuel Choir. Hadir sejumlah tokoh di antaranya Sekretaris LPPD Asahan Gugun Sembiring, Dandim yang diwakili Kapt Inf JH Munthe, Ketua Bamag Asahan Pdt Abdi Masa Peranginangin. Menutup kegiatan diadakan kuis sesuai uraian yang disampaiakn Ev James Sormin dengan ragam hadiah termasuk cash money. (T/Rel/R9/h)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments