Kamis, 17 Okt 2019

Winnie the Pooh Bikin Selokan Mampet

Minggu, 23 Februari 2014 20:44 WIB
bbc.co.uk
Glasgow (SIB)- Sebuah boneka Winnie the Pooh besar, sepeda, mesin fax, celana jeans, dan ular ada di antara barang-barang aneh yang ditemukan dalam selokan di Skotlandia tahun lalu. Benda-benda itu bertanggung jawab menyumbat saluran pembuatangan air, memperparah banjir.

Perusahaan penyedia layanan air bersih dan pembuangan air, Scottish Water mengatakan, pihaknya berurusan dengan 40.000 kasus penyumbatan di saluran air dan gorong-gorong selama tahun 2013. Sebagian besar akibat warga membuang sembarangan minyak goreng, popok, dan tisu bayi di saluran wastafel atau toilet.

Padahal, tak henti-hentinya Scottish Water melakukan kampanye kepedulian untuk mengatasi masalah tersebut. Lewat iklan di televisi dan radio yang menelan biaya besar 7 juta poundsterling atau Rp 138 miliar per tahun. Iklan juga menyoroti pentingnya menghemat air, dengan melakukan hal-hal sederhana seperti mematikan keran saat menyikat gigi.

Scottish Water mengatakan, lemak masakan, minyak goreng, ditambah sampah-sampah seperti kapas pembersih telinga, popok, pembalut, dan tisu bayi bisa menciptakan, "gumpalan lemak dan material raksasa yang sulit dihancurkan di bawah jalanan Skotlandia."

Penyumbatan bisa menyebabkan banjir dan perbaikan yang ongkosnya mahal. "Selokan yang mengalir dari rumah Anda ke saluran pembuangan lebarnya sekitar 4 inchi, kurang dari diameter sebuah DVD," kata Chris Wallace dari Scottish Water, seperti dimuat BBC, Senin (17/2/2014).

"Saluran itu hanya untuk mengalirkan air yang sudah digunakan dari wastafel, kamar mandi, urine, tinja, dan kertas tisu dari toilet," tambah dia. Namun, ada juga barang-barang tak biasa yang masuk ke saluran air, entah tak sengaja tercemplung atau memang dibuang ke lewat toilet. Antara lain telepon genggam, jeans, gigi palsu, celana, dan mainan.

Ada juga benda lebih besar seperti sepeda berwarna pink, mesin faks, dan boneka Winnie the Pooh besar yang ditemukan di kawasan East Kilbride, South Lanarkshire. Semua itu dibuang lewat lubang got. Sebelumnya, pada tahun 2010, Scottish Water bahkan menemukan benda-benda tak biasa yang menyumbat saluran air. Yakni, ular hidup, bangkai sapi utuh, juga domba yang tak bernyawa.

(BBC/ r)

T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments