Senin, 21 Okt 2019

Mobil Transparan nan Futuristik, Terbuat dari Es

Minggu, 12 Januari 2014 21:34 WIB
SIB/Int
Mobil Es
Ontaria (SIB)- Kawasan Amerika Utara, terutama Amerika Serikat dan Kanada tengah dilanda badai salju. Cuaca ekstrem dengan suhu di bawah nol derajat ini telah membuat aktivitas warga lokal lumpuh.

Perusahaan pembuat ukiran es di Ontario, Kanada, Iceculture menciptakan mahakarya baru khusus untuk musim dingin nan ekstrem. Adalah mobil truk yang terbuat dari es dan bisa efektif untuk beroperasi di tengah musim dingin.

Truk tersebut tak sepenuhnya terbuat dari es seberat 14 ribu pon atau 6.350 kg. Hanya bagian bodi pelapisnya saja yang terbuat dari es. Sedangkan bagian kerangka dari mobil 2005 GMC Silverad dan bannya berupa karet, sama seperti mobil pada umumnya.

Untuk bisa berjalan, mobil ini digerakkan oleh baterai MotoMaster Eliminator Ultra produksi Canadian Tire yang bisa beroperasi pada suhu di bawah nol derajat. Truk bisa berjalan dengan kecepatan 12 mil per jam atau 19 kilometer per jam.

Heidi Bayley dari Iceculture mengaku pembuatan mobil tersebut tidaklah mudah. Butuh keterampilan khusus untuk membuatnya. Dia juga mengatakan, ada tantangan utama dalam pembuatan mobil itu, yakni menggabungkan antara es dengan logam, karena logam itu mengandung unsur panas.

"Merupakan suatu tantangan terberat untuk membuat truk ini," kata Heidi Bayley dari Iceculture, seperti dikutip dari Odditycentral, Kamis (9/1)
Setelah rampung diproduksi, truk es terlihat sangat transparan dan futuristik.

Namun tetap saja, mobil itu tak bisa bertahan lama, karena tak lama bakal mencair apabila cuaca sudah mulai kembali normal, terkena sengatan cahaya matahari. Pihak Ice Culture berharap proyek pembuatan dan hasil karya mereka bisa dimasukkan ke buku Guinness World Records. (liputan6.com/ r)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments