Selasa, 22 Okt 2019
  • Home
  • Serbaneka
  • Halau Banjir, Tanggul di Sekeliling Rumah Dibangun

Halau Banjir, Tanggul di Sekeliling Rumah Dibangun

Minggu, 16 Februari 2014 22:10 WIB
London (SIB)- Pernahkah Anda merasakan banjir di sekitar rumah? Seberapa besar Anda berusaha untuk menghindari itu? Sam Notaro, pria asal Moorland, Somerset, Inggris, membangun tanggul sendiri sehingga rumahnya tetap kering meski area di sekitarnya diterjang banjir.

Seperti dilansir laman Daily Mail, ayah dua anak ini menolak untuk meninggalkan rumahnya yang bernilai £1 juta. Ia justru membangun tanggul ditambah dengan batu bata tahan air dan didukung sistem pompa. Meski demikian, Sam memaksa keluarganya untuk meninggalkan rumah saat banjir terjadi. Hal ini ia lakukan untuk berjaga-jaga jika tanggul buatannya jebol.

Sam juga menolak dievakuasi walau sudah diprediksi akan terjadi badai. Rumah Sam memiliki luas 4 hektar dan merupakan titik tertinggi di Moorland. Rumah ini dibangun di titik di mana banjir tidak pernah terjadi. Sam ingin rekor tersebut tidak terpecahkan.

Air sudah mencapai dua kaki di ujung tanggul pribadinya ini. Jika ada air yang melewati tanggul maka akan dipompa dengan cepat keluar dari area rumah. Selain itu, Sam juga membungkus bagian dasar rumahnya dengan polythene untuk mencegah air masuk ke dalam sela-sela batu bata rumahnya.

“Tanggul ini jelas akan runtuh jika tekanan air terlalu besar. Dalam tiga hari kami telah memompa air keluar dengan menggunakan dua pompa besar. Ini rumah kami, dan saya akan berusaha untuk tinggal di sini dan menjaganya,” ujarnya.

Sam juga mengatakan tidak akan bisa pergi ke mana-mana. Pasalnya, banjir di sekitar rumahnya sudah setinggi pinggang. Sam mengungkapkan, ia membeli tanah ini empat tahun yang lalu. Saat itu, ia yakin rumah akan aman dari terjangan banjir.

(vivanews/q)

T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments